Erwan Ingatkan Warganya yang Hendak Bekerja di Luar Negeri tak Menempuh Jalur Ilegal

Abbas Ibnu Assarani
Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan. (Foto:Abdul Basir)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan berharap tidak ada lagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Sumedang berangkat menggunakan jalur ilegal.

Hal itu diungkapkannya, menyusul adanya penyekapan sejumlah PMI asal Sumedang di Riyadh, Arab Saudi, para pekerja tersebut diduga berangkat menggunakan jalur ilegal.

"Saya mengutuk keras atas tindakan-tindakan yang tidak bertanggungjawab dan berharap kedepan tidak ada lagi TKI/TKW ilegal. Nah, kalau sudah terjadi seperti ini kami keluarga yang repot," kata Erwan kepada wartawan di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (13/12/2022).

Dia menyebutkan pemerintah sudah menyediakan kemudahan untuk yang akan bekerja di luar negeri melalui jalur resmi atau legal. Sehingga, nantinya bagi para pekerja dapat terlindungi dan terjamin keselamatannya.

Sedangkan, resiko menjadi PMI ilegal itu cukup banyak, selain mengancam keselamatan nyawa juga tidak ada jaminan ketika terjadi persoalan, karena dokumen yang dimiliki tidak ada,

"Sebisa mungkin melalui TKI legal banyak yang bisa menyalurkan mereka. saya berharap stop penyaluran TKI ilegal, dimanapun termasuk di Sumedang," tandasnya. (*)

Editor : Abdul Basir

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network