4. Billy Kurniawan
Pendiri dan CEO gerai kopi Janji Jiwa, Billy Kurniawan, mengawali bisnis kopi pada Mei 2018 dengan menyewa satu kios kecil di sebuah mal di Kuningan, Jakarta Selatan.
“Saya lihat ada kesempatan, lalu dimulai lah. Start small nggak masalah. Kami mulai di 1 toko yang tidak ideal juga. Di ITC Kuningan, posisinya di belakang banget, sebelahan sama ayam geprek,” ujar pengusaha kelahiran 1988 itu dalam talkshow bersama Merry Riana, beberapa waktu lalu.
Mengadopsi konsep fresh-to-cup, Janji Jiwa menawarkan pilihan kopi lokal asli Indonesia dengan citra rasa klasik. Ragam varian kopi kekinian juga ditawarkan dengan harga terjangkau.
Di tengah persaingan bisnis kopi kekinian yang kian ketat, Janji Jiwa mampu mencatatkan peningkatan penjualan dalam kurun waktu satu tahun. Janji Jiwa yang dinaungi Jiwa Group menerapkan beragam strategi untuk memenangi persaingan.
Mereka mengembangkan bisnis konsep waralaba. Dari total gerai, sekitar 90% adalah waralaba dan 10% milik sendiri.
Janji Jiwa pun berhasil menjadi coffee chain terbesar dengan lebih dari 900 outlet yang tersebar di lebih dari 100 kota di seluruh Indonesia. Tak hanya itu, Janji Jiwa juga menklaim sebagai satu-satunya kedai kopi lokal yang meraih penghargaan MURI untuk kategori Pertumbuhan Kedai Kopi Tercepat dalam Satu Tahun pada tahun 2019.
Selain dari MURI, pada akhir tahun 2021 Janji Jiwa juga meraih penghargaan Shopee Super Awards 2021 kategori ‘Super Growing F&B Merchant’. Tak hanya kopi Janji Jiwa, pada 2019 Jiwa Group juga menambah merek lainnya yaitu Jiwa Toast yang menyajikan produk toast.
Jiwa Toast kini telah memiliki lebih dari 300 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Merek lainnya adalah Jiwa Tea yang menawarkan ragam varian minuman teh.
Teranyar, Jiwa Group meluncurkan brand terbaru yaitu Burger Geber pada 11 Januari 2023. Tak tanggung-tanggung, pada hari pertama peluncuran, Jiwa Group membuka 55 outlet sekaligus yang tersebar di Jabodetabek.
Pembukaan outlet serentak ini dianugerahi rekor MURI dengan kategori “Pembukaan Gerai Burger Serentak Terbanyak Dalam Sehari”.
“Hadirnya Burger Geber ini merupakan salah satu upaya Jiwa Group untuk memperluas jangkauan secara cepat di industri F&B di tahun 2023. Tentunya sejalan juga dengan DNA kami yaitu terus berinovasi, membawa ide dan tren baru untuk meningkatkan kepuasan pelanggan,” kata Billy Kurniawan, dikutip dari artikel di laman resmi Jiwa Group.
Berawal dari satu kios kecil, dalam tempo empat tahun Jiwa Group telah memiliki lebih dari 1.000 outlet yang tersebar di 33 provinsi. Dengan perkembangan bisnis yang pesat, Jiwa Group juga mendapat sorotan media internasional.
Pada tahun lalu, Forbes memasukkan Jiwa Group dalam daftar “Forbes Asia 100 to Watch 2022”.
Editor : Rizal Fadillah
Artikel Terkait