Pangdam III Siliwangi Minta Adanya Pembenahan Pantai Selatan

Abbas Ibnu Assarani
Pangdam III Siliwangi Kunto Arief Wibowo. (Foto:Istimewa)

Terhadap analisis masalah tersebut, tentu terapinya juga macam-macam. Akan tetapi, menarik untuk mencermati faktor penyebab kedua dan ketiga. Kita yakini apabila dua aspek tersebut dibenahi, maka aspek pertama dan keempat, dengan sendirinya akan terselesaikan.

Mengacu pada filosofis ekonomi kerakyatan serta amanah UUD 1945, negara dituntut untuk hadir dalam setiap persoalan di masyarakat. Semua elemen kenegaraan sebetulnya punya kewajiban untuk menyelesaikan masalah dengan potensi yang dimiliki. Penyelesaian masalah terbaik adalah dengan mencari kekuatan, bukan kelemahan.

Dalam kacamata Kodam III Siliwangi, wilayah selatan ini adalah lokasi strategis. Sudut pandang kami tentu pertahanan keamanan dan kekuatan rakyat sebagai basis. Oleh karena itu, daerah ini patut jadi prioritas, terutama dengan posisinya di pesisir yang berbatasan langsung dengan negara lain.

"Apa yang bisa dilakukan? Cukupkah kita hanya mengkritik kondisi yang ada? Tentu tidak, pola pikir kita jelas, negara ini tak akan selesai jika hanya mengkritik. Butuh aksi nyata," ucapnya.

Military science dan sikap militansi,  ini yang harus dipraktekkan secara langsung ke masyarakat. Sasarannya adalah sishankamrata. Ini bukan sebatas konsep, tapi aksi nyata. Untuk menjadi militer yang baik, harus dikuasai ragam ilmu pengetahuan, baik teknis maupun teoritis. Ilmu kemiliteran bukan sebatas berperang secara fisik, itu hanya bagian kecil.

Jika dulu warga Pantai Selatan banyak mencari Benur atau benih udang, kemudian dijual ke industri besar, hasilnya sangat tidak adil. Solusinya, ajarkan masyarakat menjadikan Benur sebagai Lobster. Itu sudah kita cobakan. Proses sedang berjalan, dengan harapan kekuatan ekonomi dapat lebih meningkat.

Editor : Abdul Basir

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network