Sasar Generasi Muda, BNPT Akui Sengaja Dirikan Warung NKRI di Kampus

Aqeela Zea
Kepala BNPT, Boy Rafli Amar saat meresmikan Warung NKRI di Unpas Bandung. Foto: Istimewa

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memiliki alasan tersendiri mendirikan Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan Negara Kesatuan Republik Indonesia (Warung NKRI) di kampus. Terbaru, Warung NKRI ini didirikan di Kampus Universitas Pasundan (Unpas) Bandung.

Kepala BNPT, Boy Rafli Amar mengatakan, Warung NKRI merupakan program pentahelix antara pemerintah dan akademisi. Sehingga program tersebut salah satunya bekerjasama dengan civitas akademika.

"Karena kampus dihuni kalangan muda, dan salah satu keterpaparan intoleransi adalah di kalangan generasi muda," kata Boy usai peresmian Warung NKRI di Unpas Bandung, Jumat (17/3/2023).

Menurut Boy, wajar apabila BNPT menyasar generasi muda. Sebab, BNPT berperan untuk menjaga ketahanan NKRI dan terlebih generasi muda merupakan penerus bangsa ke depannya.

"Puluhan ribu generasi muda yang harus dikuatkan untuk menjadi generasi muda (terbaik), karena Indonesia ke depannya di tangan generasi muda," ujar Boy.

Boy mengungkapkan, sudah ada 23 Warung NKRI yang tersebar di seluruh Indonesia. Setidaknya Warung NKRI di kampus telah hadir di sejumlah wilayah meliputi Surabaya dan Sumbawa.

"Ini ke-23 dan tidak banyak yang di dalam kampus, banyaknya di luar. Di dalam kampus ada di Surabaya, kemudian ada di Sumbawa, dan alhamdulillah hari ini di Bandung di dalam kampus Unpas," ungkapnya.

Kemudian, lanjut Boy, penetrasi budaya asing yang merusak moral dan nilai-nilai Pancasila harus ditangkal secara kolektif. Kalangan muda dinilai memiliki peran besar untuk melakukan penangkalan tersebut.

"Hari ini yang banyak penetrasi budaya yang bukan kepribadian bangsa iIdonesia termasuk intolerasnsi, radikal, terorisme. Sekarang ada pertarungan nilai ideologi di global. Kalau itu dominan maka yang rugi bangsa kita," jelasnya.

Boy menambahkan, penguatan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk BNPT. Menurutnya, Warung NKRI di kampus merupakan bentuk upaya untuk memperkuat pemahaman kesatuan dan persatuan hingga nilai-nilai Pancasila.

"Kita ingin ada dialog kebangsaan tidak hanya dalam suasana formil tapi suasana santai. Harus ada anak muda untuk bagaimana menyikapi kondisi tersebut. Memperbanyak ruang publik diseminasi nilai kebangsaan," tuturnyanya.

"Jangan sampai anak muda jadi pemimpin bangsa tapi tidak paham karakter bangsa seperti apa. Yakinlah ini bagian kita memajukan bangsa Kita," tandasnya.

Editor : Zhafran Pramoedya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network