Begini Cara Cegah Dehidrasi saat Berpuasa Ramadhan, Bisa Dicoba Nih

Aqeela Zea
Cara mencegah dehidrasi di bulan puasa Ramadhan. (Foto: Shutterstock)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Anda tidak minum selama kurang lebih 12 jam saat menjalankan ibadah puasa. Ini membuat cairan tubuh berkurang dan mengalami dehidrasi, terlebih bila beraktivitas di luar ruangan.

Dehidrasi biasanya menimbulkan gejala seperti pusing, sakit kepala serta lemas. Hal itu tentu bakal mengganggu Anda untuk beraktivitas dengan maksimal.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (25/3/2023), berikut tips yang dapat membantu menghindari dehidrasi selama berpuasa di bulan Ramadhan:

1. Tetap Minum Air Sesuai Kebutuhan
Sebenarnya kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda. Tetapi rata-rata orang dewasa membutuhkan setidaknya dua liter air per hari yang bisa dibagi menjadi delapan gelas air.

Ketika berbuka puasa atau sahur, lebih baik minum air hangat daripada air dingin lantaran lebih cepat diserap tubuh. Dianjurkan untuk mengonsumsi sup setiap hari selama bulan suci Ramadan lantaran sup merupakan sumber cairan yang baik.

Kemudian, buah-buahan serta sayuran seperti semangka, tomat, mentimun, anggur, dan lain-lain yang terkenal dengan kandungan airnya yang tinggi, dapat membantu mengurangi rasa haus.

Editor : Zhafran Pramoedya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network