Herman menjelaskan, Sumedang LRT ini adalah layanan paling depan di Indonesia untuk memudahkan warga menikmati keindahan dan keberkahan hari raya idul fitri. Bagaimana tidak, semua kebutuhan masyarakat disediakan secara digital di sana.
Mulai dari informasi kemacetan dan kecelakaan realtime, panduan jalur mudik dan balik, informasi fasilitas sosial dan fasilitas umum, layanan kedaruratan kesehatan dan kedaruratan bencana, info layanan RSUD, termasuk informasi harga bahan pokok penting (bapokting) dan inflasi dll.
"Semua layanan tersaji di Sumedang LRT. Masyarakat dengan mudah bisa mengakses informasi apa saja secara komunikatif. Kami yakin dengan akses informasi yang cepat dan mudah, banyak hal bisa diatasi. Misalnya, macet bisa dicegah, sakit yang lebih parah bisa dicegah, dampak negatif bencana bisa diminimalisir, keterlambatan bisa dihindari, dan lain sebagainya," tegas Herman.
Dikatakan Herman, lebaran di Sumedang kali ini akan lebih mudah, indah dan berkah. "Itulah hakekat layanan publik yang berpusat pada kepentingan masyarakat atau human centric. Itu pula esensi dari society 5.0," ungkapnya.
Di tempat lain, salah seorang warga Sumedang yang berkiprah di Jakarta, Maman Suherman atau yang akrab disapa Kang Maman, mengatakan bahwa ini terobosan yang luar biasa.
Editor : Zhafran Pramoedya
Artikel Terkait