Catat! Jadwal Pendaftaran Program Sarjana Terapan Unpad via Jalur SMUP Terakhir Besok

Aqeela Zea
Pendaftaran program Sarjana Terapan Unpad masih dibuka. Foto ilustrasi: Unpad

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Universitas Padjajaran (Unpad) masih membuka pendaftaran program Sarjana Terapan lewat seleksi mandiri. Calon mahasiswa yang tertarik bisa memilih diantara dua skema yakni skema nilai UTBK 2023 atau nilai ujian SMUP.

Jadwal pendaftaran dan ujian penting diperhatikan calon mahasiswa. Sebab pendaftaran untuk Sarjana Terapan Unpad bisa dilakukan hingga 25 Juli 2023.

Akan tetapi, khusus bagi yang memilih skema nilai ujian SMUP, pendaftar diharuskan mendaftar hingga 26 Juni 2023 atau besok.

Ujian SMUP bakal dilaksanakan secara daring pada 8 Juli-10 Juli 2023. Ujian ini bakal diikuti oleh pendaftar seleksi mandiri jenjang S-1 dan Sarjana Terapan.

“Ujian SMUP hanya dilaksanakan sekali yang hasil tes bisa digunakan untuk mendaftar ke sarjana S-1 atau Sarjana Terapan,” kata Panitia SMUP 2023, Irma Nuraini dalam keterangannya, Minggu (25/6/2023).

Adapun materi yang diujikan yaitu Tes Kemampuan Belajar, dan tidak ada materi tes mata pelajaran. Peserta yang lulus yakni mereka yang mempunyai nilai tertinggi sesuai kuota atau daya tampung setiap prodi. 

“Jadi kita urut nilainya. Nilai tertinggi itulah yang bisa lulus di program Sarjana Terapan,” jelas Irma.

Seperti diketahui, daya tampung untuk program Sarjana Terapan Unpad pada tahun ini mencapai sekira 1.000 orang untuk 14 program studi.

“Kalau total daya tampungnya itu sekitar 900 lebih, hampir 1.000 calon mahasiswa yang masuk ke program Sarjana Terapan Unpad. Jadi peluangnya besar ya bagi yang ingin bergabung di Unpad melalui program Sarjana Terapan,” kata Kepala Kantor Pendidikan Vokasi, Dina Sartika.

Dina menjelaskan, kurikulum di program Sarjana Terapan Unpad dibangun dengan melibatkan industri serta mengacu kepada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker).

“Sehingga lulusan kita itu belajar sesuai dengan kebutuhan industri,” ungkap Dina.

Editor : Zhafran Pramoedya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network