David da Silva Selamatkan Muka Persib di Hadapan Bobotoh

Aqeela Zea
Persib menuai hasil imbang lawan Madura United di Stadion GBLA. Foto: Istimewa

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Persib Bandung mengawali Liga 1 2023/2024 dengan perjuangan yang berat. Bahkan Pangeran Biru nyaris menelan kekalahan dari Madura United.

Laga Persib vs Madura United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (2/7/2023) berakhir dengan hasil imbang 1-1. Eksekusi tendangan penalti David da Silva di menit 79 menyelamatkan muka Persib di depan pendukungnya sendiri.

Sementara Madura United unggul lebih dulu dari Persib lewat gol yang dicetak Hugo Gomes menit 5.

Pertandingan dimulai, Maung Bandung langsung tampil menekan. Sebuah kerja sama terjalin di lini depan membuat bola bergulir ke kaki Marc Klok yang langsung dituntaskan dengan sepakan. Sayang, tembakannya bisa dibendung kiper Madura United, Satria Tama. 

Madura United membuka keunggulan setelah Hugo Gomes menuntaskan umpan yang dikirim dari sisi kiri. 

Persib langsung bereaksi dengan mengirimkan serangan bergelombang. Di menit 14, Beckham Putra Nugraha masuk ke dalam kotak penalti Madura United. Ia mengirimkan umpan silang dari sisi kanan, tapi arah bola bisa dibaca pemain bertahan lawan dan memutus serangan. Padahal, ada David da Silva yang sudah menanti umpan. 

Di menit 29, Persib mencoba memanfaatkan situasi bola mati. Edo Febriansah diinstruksikan untuk mengeksekusi tendangan bebas di sisi kanan. Namun, Satria Tama mampu membaca arah bola dan membendungnya. 

Babak pertama berakhir, Pangeran Biru masih tertinggal 0-1 lewat gol yang dibuat Hugo Gomes. Sebelumnya, Ciro Alves sudah menunjukkan aksinya di dalam kotak penalti lawan, tapi sayang, tak cukup untuk membuahkan gol bagi Pangeran Biru. 

Di babak kedua, Maung Bandung melakukan pergantian. Pelatih Luis Milla memasukkan Tyronne Gustavo del Pino menggantikan Beckham Putra Nugraha. Persaingan di antara kedua kubu pun semakin sengit terjadi di lini tengah. 

Di menit 52, Teja Paku Alam melakukan penyelamatan gemilang. Hugo Gomes melepaskan tembakan kaki kiri di depan kotak penalti, tapi bisa dihalau kiper asal Sumatera Barat itu. Begitu juga bola sambarannya.

Di menit 57, pergantian kembali terjadi di kubu Persib. I Putu Gede yang menempati pos bek kanan diganti Robi Darwis untuk menempati posisi gelandang. Dua menit kemudian, untuk kesekian kalinya, Daisuke Sato melakukan halauan krusial.

Di menit 69, Persib mendapat peluang dari tendangan bebas. Kali ini, bola dieksekusi Da Silva, tapi tembakannya melebar ke sisi kanan. Di menit 71, Tyronne mengalami cedera dan tak bisa melanjutkan laga. Ia digantikan oleh Ezra Walian.

Di menit 79, Robi Darwis mencoba masuk dari sisi kanan, tapi ia dijatuhkan secara paksa ketika masuk ke dalam kotak penalti. Hukuman penalti pun diberikan kepada Madura United. Da Silva yang jadi eksekutor penalti, mampu menunaikan tugasnya dengan sempurna di menit 79. Kedudukan jadi imbang 1-1.

Di menit-menit akhir, Persib berusaha kembali mencetak gol dengan memasukkan Frets Butuan menggantikan Ciro Alves. Namun, upayanya di sisi kanan masih bisa diredam. Pertandingan berakhir, Persib dan Madura United sama kuat 1-1.

Editor : Zhafran Pramoedya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network