Pilgub 2024, Pemprov Jabar Siap Hibahkan Anggaran Rp1 Triliun

Aqeela Zea
Dana hibah Rp1 triliun siap digelontorkan Pemprov Jabar. Foto: Eka Guspriadi/iNews

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Pemprov Jawa Barat siap menyukseskan gelaran Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024. Salah satu bentuk dukungan yang diberikan berupa dana hibah sebesar Rp1 triliun lebih.

Berdasarkan kalender Komisi Pemilihan Umum (KPU Jabar), pilgub mendatang akan digelar serentak pada 27 November 2024. Rencananya, dana hibah tersebut akan diserahkan sebelum tahapan pilgub dimulai.

Jika pilgub berlangsung November 2024, maka tahapan pemilihan bakal dimulai November 2023. Dana hibah itu akan digunakan selama 12 bulan atau satu tahun, dimulai November 2023. Pihak KPU Jabar sudah mengajukan dana sebesar Rp1,15 triliun.

Adapun dana hibah itu akan dipakai untuk tahap persiapan seperti pembuatan regulasi, penetapan tahapan, proses pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan pemutakhiran data pemilih, yang antara lain sejumlah tahapan harus sudah dimulai sejak November 2023.

Anggaran dihitung berdasarkan asumsi ada empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur serta jumlah pemilih sekitar 35,3 juta lebih. Selain itu, dana itu juga digunakan KPU Jabar untuk berbagai pos pengeluaran seperti badan ad hoc PPK dan PPS, kebutuhan logistik, pengeluaran barang, dan jasa lainnya. 

Editor : Zhafran Pramoedya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network