Hadirkan Acil Bimbo, Forum NgaDandanan Bandung Gelar Refleksi Akhir Tahun

Aqeela Zea
Forum NgaDandanan Bandung Gelar Refleksi Akhir Tahun. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Di penghujung tahun 2023, Forum NgaDandanan Bandung menyelenggarakan kegiatan Refleksi Akhir Tahun Kota Bandung yang bertemakan “Kemarin, Hari ini dan Esok Hari” pada Minggu (31/12/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk merefleksikan apa yang sudah terjadi, apa yang telah dirasakan masyarakat Kota Bandung yang menjadi bahan diskursus sebagai proyeksi harapan Kota Bandung mendatang. 

Kegiatan Refleksi Akhir Tahun Kota Bandung “Kemarin, Hari ini dan Esok Hari” terbagi menjadi tiga bagian, yaitu pameran foto (potret tangkapan wartawan Bandung menceritakan Kota Bandung dalam bentuk visual), Bandung Speak Up! (penyampaian aspirasi dari warga, komunitas, kalangan muda milenial dan gen Z kota Bandung).

Kegiatan diakhiri oleh diskusi dengan menghadirkan pembicara yaitu Acil Bimbo (Tokoh dan Seniman), Supardiyono Sobirin (Koordinator DPKLTS), Budi Dalton (Budayawan) serta Satira Yudatama (Wartawan Foto Bandung).

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarat Kota Bandung, seperti tokoh dan sesepuh diantaranya Rully Pjs Ketua PP AMS, Andi Talman, Memet Hamdan, komunitas, pelaku industri kreatif, hingga pemuda milenial dan gen Z Kota Bandung.

Selain prestasi yang didapat Kota Bandung, yang menjadi catatan penting adalah masih banyaknya permasalahan-permasalahan yang terjadi. Warga merasa Kota Bandung tidak senyaman dahulu untuk ditinggali.

Hal ini dikarenakan masalah-masalah yang dihadapi dalam keseharian mereka seperti kemacetan yang memadati jalanan di Kota Bandung, hingga berserakannya sampah-sampah hingga pinggir jalan.

Kota Bandung yang dahulu dikenal akan kecantikan dan keindahannya mulai memudar seiring dengan masalah lingkungan yang belum terselesaikan hingga saat ini. Selain itu, masih kurangnya lapangan pekerjaan, menyebabkan tingkat pengangguran terbilang tinggi dibanding Kota/Kabupaten lain di Jawa Barat.

Dandan Riza Wardana mengatakan, bahwa peranan pemuda di Kota Bandung harus dimaksimalkan sebagai bentuk partisipasi masyarakat untuk membangun Kota Bandung.

"Pemuda harus diberikan ruang seluas-luasnya untuk berkreasi dan berinovasi untuk menghasilkan gagasan-gagasan dan bekerja nyata dalam pembangunan Kota Bandung ke depan. Terakhir mengutip ucapan Soekarno “Hanya ke Bandung lah Aku Kembali Kepada Cintaku Yang Sesungguhnya,” kata mantan Ketua DPD KNPI Kota Bandung itu.

Hal senada dikatakan Tokoh dan Seniman Acil Bimbo. Menurut Kang Acil, pihaknya sangat mendukung forum NgaDandanan Bandung ini. Bahkan, diharapkan kedepannya bisa menjadi gerakan sosial yang lebih besar. 

"Forum yang bagus ini harus bisa meningkat lagi menjadi lebih besaf menjadi gerakan sosial. Dengan forum ini kita ingin membangun Kota Bandung kembali berkarakter," ucapnya.

Kang Acil mengatakan, Kota Bandung memiliki berbagai macam julukan. Mulai dari Paris Van Java, Kota Perjuangan, Kota Pahlawan bahkan muncul pepatah bahwa Kota Bandung diciptakan Tuhan saat tersenyum. 

"Pembangunan kota itu bukan hanya sekedar fisik tapi juga karakter. Saat ini Kota Bandung kehilangan karakternya, jadi kita memerlukan forum ini untuk mencari solusi terbaik," tandasnya.

Editor : Zhafran Pramoedya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network