Punya Modal Politik, Muhammad Farhan Ngebet Nyalon Wali Kota Bandung 2024

Rizal Fadillah
Muhammad Farhan. (Foto: muhammadfarhan)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Pemilihan Wali Kota Bandung 2024 memang masih menyisakan waktu sekitar 10 bulan lagi. Namun demikian, semarak untuk untuk memperebutkan kursi Bandung 1 sudah mulai terasa saat ini.

Hal itu bisa terlihat dari spanduk-spanduk hingga baliho yang bertebaran di jalanan Kota Bandung, yang menampilkan wajah-wajah para calon Wali Kota Bandung mendatang.

Salah satu nama yang sudah dipastikan akan maju di Pilwalkot Bandung 2024 adalah Muhammad Farhan. Politisi Partai NasDem ini bisa dibilang menjadi calon kuat mengingat namanya sudah tidak asing lagi di telinga warga Bandung.

"Farhan itu sudah Haqqul Yaqin dicalonkan dan Haqqul Yaqin insyaAllah terpilih," ucap Ketua DPW Partai Nasdem Jabar, Saan Mustopa saat ditemui di Kebon Pines Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Minggu (21/5/2023).

Saan mengatakan, sebagai kandidat kuat, Farhan telah memiliki berbagai pengalaman termasuk menjadi legislator di DPR RI.

Untuk itu, Farhan sudah memiliki modal sosial yang kuat dan sangat dikenal masyarakat sebagai calon Wali Kota Bandung, baik di dunia politik maupun di industri pertelevisian.

Seperti diketahui, sebelum terjun di politik, Farhan pernah berkarier di dunia hiburan. Mulai dari mantan penyiar radio di Delta FM, pembawa acara di acara Extravaganza, Ini Talk Show hingga aktor.

Terakhir, pria kelahiran Bogor 25 Februari 1970 ini bermain di layar lebar dengan berperan sebagai ayah Milea di Film "Dilan 1990".

"Modal sosial Kang Farhan sudah sangat luar biasa, sudah terkenal, sudah anggota legislatif, punya kemampuan politik, punya komitmen dan keberpihakan dekat, komplit lah Kang Farhan itu. Kandidat kuat," kata Saan.

Sementara itu, Muhammad Farhan mengatakan, saat ini dirinya tengah memperkuat modal politik untuk bisa maju di Pilwalkot Bandung 2024.

Maka dari itu, dirinya turut berupaya untuk memenangkan kembali kursi DPR RI Jabar 1 Bandung-Cimahi. Serta menambah kursi di DPRD Kota Bandung dan Kota Cimahi untuk Partai Nasdem.

"Nah, raihan kursi DPRD Kota Bandung sangat penting buat kami karena itu akan menjadi modal politik kami pada saat membentuk koalisi pencalonan Walikota Bandung di November 2024," katanya.

Lantas, bagaimana penilaian lembaga survei terkait elektabilitas ataupun peluang Muhammad Farhan maju di Pilwalkot Bandung 2024?

Berdasarkan hasil survei Indonesian Politics Research dan Consulting (IPRC), Muhammad Farhan berada di posisi 3 teratas.

Survei Dinamika Elektoral di Kota Bandung menjelang Pemilu 2024 yang dilakukan IPRC dengan survei 1.002 responden di 30 kecamatan di Kota Bandung dengan margin error kurang lebih 3,2 persen dilakukan pada 20-30 Juli 2022 lalu.

"Muhammad Farhan memiliki elektabilitas tinggi yaitu 5,0 persen, disusul Budi Dalton 2,9 persen dan Raffi Ahmad 2,2 persen," kata Direktur Operasional dan Data Strategis IPRC, Idil Akbar di Newton Hotel, Jalan LE Martadinata, Kota Bandung, Jumat (2/9/2022).

Sementara dalam survei IDM Strategic, Muhammad Farhan juga menempati posisi tiga teatas dengan popularitas cukup tinggi yakni 50,62%.

Editor : Rizal Fadillah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network