Tinjau Banjir Bandang Braga, Iswara Minta Pemerintah Kaji Ulang Perizinan di KBU

Rizal Fadillah
Sekretaris Umum DPD Partai Golkar Jawa Barat, MQ Iswara. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Sekretaris Umum DPD Partai Golkar Jawa Barat, MQ Iswara meninjau lokasi banjir bandang yang melanda kawasan Braga, Kota Bandung tepatnya di Balai RW 07 Braga, pada Jumat (12/1/2024). 

Iswara mengatakan, alih fungsi lahan dan tidak sesuainya penggunaan izin di Kawasan Bandung Utara (KBU) menjadi salah satu penyebab banjir bandang yang terjadi pada Kamis (11/1/2024) tersebut.

Pasalnya, curah hujan yang tinggi ditambah daya dukung lingkungan yang menjadi daerah tangkapan air di KBU menurun, yang membuat limpasan air hujan tak tertahan (run off) masuk ke badan sungai dan membanjiri bagian hilir.

Oleh karena itu, pihaknya pun meminta kepada pemerintah untuk melakukan audit lingkungan terkait ijin-ijin pembangunan di KBU yang sudah dikeluarkan.

"Kami merekomendasikan pemerintah mengkaji ulang terkait Kawasan Bandung Utara. Apakah izin yang dikeluarkan sudah sesuai dalam implementasi pembangunannya atau dengan kata lain apakah izin yang diberikan pemerintah sesuai dengan yang dibangun, termasuk build coverage rationya," kata Iswara.

Iswara menegaskan, jika hal tersebut terjadi perlu dilakukan audit lingkungan. Selain itu, dirinya pun menyarankan untuk sementara waktu dilakukan moratorium pemberian izin atau penghentian sementara pemberian izin.

Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPRD Provinsi Dapil Jabar 1 (Kota Bandung dan Kota Cimahi) ini juga menyoroti lahan yang ditanami di Hulu wilayah KBU itu bukan tanaman keras yang mampu menampung dan mengikat air, seperti pohon rasamala, kihiyang, pinus, akasia dan tanaman keras lainnya.

"Sehingga, debit air yang sangat tinggi turun begitu deras dari Bandung Utara ke Kota Bandung dapat tertahan karea ada daerah tangkapan air (water catchment area). Bukan tanaman sayuran atau hortikultura seperti sekarang ini," terangnya.

Iswara mengatakan, bahwa masyarakat harus diberikan edukasi kebencanaan mengingat kondisi cuaca ekstrem ini akan berlangsung cukup lama akibat anomali cuaca.

Begitupun para pelajar sejak dini harus diberikan pemahaman tentang pemanasan global. Dimana kondisi bumi semakin panas, berdampak pada curah hujan yang tinggi, cuaca ekstrem dan anomali cuaca.

"Sebaiknya bagi warga yang ada di bantaran dan sempadan sungai harus hati-hati khususnya pada malam hari. Karena curah hujan tidak bisa diprediksi, curah hujannya di atas rata-rata," katanya.

Iswara meyakini, Pemprov Jabar dan Pemkot Bandung sudah melakukan langkah-langkah antisipasi, untuk mencegah terjadinya bencana banjir.

"Kami yakin regulasi sudah sangat cukup, hanya perlu pengawasan yang ketat pada tataran implementasinya," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network