Kang Sabil Cetuskan Program Aksi UMKM untuk Tingkatkan Daya Saing Produk

Adi Haryanto
Politisi Golkar Kang Sabil mencetuskan program Aksi UMKM untuk membuat pelaku UMKM naik kelas dengan meningkatkan kualitas produknya. Foto/Istimewa

BANDUNG BARAT,Inews Bandungraya.Id - Program "Aksi UMKM" dicetuskan oleh politisi Partai Golkar Dr. M. Sabil Rachman, M.Si atau yang akrab disapa Kang Sabil. Tujuan program ini untuk meningkatkan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan peningkatan kualitas produk.

Melalui program Aksi UMKM yang di gagasnya, Kang Sabil siap mendukung UMKM di berbagai sektor dan siap memberikan akses untuk meningkatkan standar kualitas produk mereka.

Peningkatan ini tidak hanya menjanjikan kualitas produk yang lebih baik, tetapi juga menegaskan UMKM sebagai pemain utama dalam pasar global yang semakin kompetitif.

Hal tersebut sebagai upaya memperkuat posisi UMKM di pasar global, sehingga peningkatan kualitas produk menjadi fokus utama.

"Langkah strategis perlu diambil untuk meningkatkan daya saing UMKM, yakni dengan rancangan mengedepankan peningkatan kualitas sebagai pilar utama dalam strategi pertumbuhan," ucap Kang Sabil, Sabtu 13 Januari 2024.

Caleg DPR RI Partai Golkar nomor urut dua dari Dapil Jabar 2 meliputi KBB dan Kabupaten Bandung ini menyebutkan, beberapa contoh sukses produk UMKM yang memiliki kenaikan signifikan dalam kualitas produk pertanian dan pengolahannya.

Seperti yang dihasilkan oleh sejumlah UMKM petani kopi di wilayah KBB. Khususnya yang ada di wilayah Desa Mukapayung, Kecamatan Cililin, petani kopi di Desa Tangsi Jaya, Kecamatan Gununghalu, serta produk pengolahan buah di Galanggang, Kecamatan Batujajar.

“Pengelolaan mereka sudah sangat bagus, tinggal bagaimana mempertahankan dengan baik kualitasnya dengan standar yang telah di buat," ucapnya.

Dikatakannya, kopi merupakan salah satu komoditas unggulan. Begitu juga buah-buahan yang diolah menjadi jus, dengan menjaga dan peningkatan kualitas harapannya UMKM bisa sampai menembus pasar internasional.

Selain itu, lanjut Kang Sabil, dukungan dari pemerintah dan sektor swasta juga dibutuhkan. Terutama dalam bentuk akses terhadap teknologi modern, pembiayaan yang terjangkau, serta akses pasar global melalui platform e-commerce bisa lebih dimaksimalkan untuk memperkuat upaya peningkatan kualitas produk UMKM.

Melalui upaya kolaboratif Aksi UMKM, para pelaku UMKM akan memiliki akses lebih besar untuk memasuki pasar global, meningkatkan daya saing mereka, dan menjadikan produk-produk lokal sebagai bagian integral dari ekonomi global.

"Saya berharap langkah-langkah ini akan terus ditingkatkan untuk mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan UMKM serta mengukuhkan peran mereka dalam perekonomian global," tandasnya. (*)

Editor : Rizki Maulana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network