Demokrat Gabung Prabowo-Gibran, Dede Yusuf Bisa Jadi Menteri atau Gubernur Jabar

Adi Haryanto
Ketua MPI DPD KNPI Kabupaten Bandung Barat, Lili Supriatna. Foto/Inews Bandung Raya

BANDUNG BARAT,Inews Bandungraya.Id - Sejumlah politisi dari partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) pendukung Prabowo-Gibran berpotensi masuk kabinet.

Apalagi bagi mereka yang namanya telah malang melintang dalam peta politik nasional, baik sebagai kepala daerah ataupun anggota DPR RI.

Seperti di Dapil Jabar Dua untuk DPR RI yang meliputi Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat (KBB), banyak politisi yang digadang-gadang bakal masuk jajaran kabinet atau diusung maju jadi bakal calon gubernur.

Salah satunya adalah politisi senior dari Partai Demokrat, Dede Yusuf Macan Effendi. Bukan tanpa alasan pria kelahiran 14 September 1966 masuk bursa kabinet atau bakal calon gubernur.

Pasalnya Dede Yusuf diprediksi akan kembali melenggang menuju senayan jadi anggota DPR RI, karena suara yang diraihnya pada Pemilu 2024 sangat tinggi.

Apalagi seiring dengan masuknya kembali Partai Demokrat ke dalam koalisi pemerintah, bisa dipastikan partai berlogo mercy ini akan menemukan masa kejayaannya lagi. Terbukti Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sudah diangkat menjadi Menteri ATR/BPN.

"Sangat rasional jika banyak politisi senior yang kini duduk di DPR RI khususnya dari Dapil Jabar Dua, dibidik menjadi menteri atau calon gubernur. Salah satunya adalah politisi senior Partai Demokrat Dede Yusuf," kata Ketua MPI DPD KNPI, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Lili Supriatna di Padalarang, Rabu (28/2/2024).

Lili Supriatna menilai, Dede Yusuf yang merupakan anggota DPR RI dari Dapil Jabar Dua diprediksi akan kembali terpilih untuk ketiga kalinya, sudah banyak makan asam garam dalam dunia politik.

Terlebih selain di legislatif, dia pun pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat sejak 13 Juni 2008 hingga 13 Juni 2013.

Partai Demokrat yang posisinya berada di koalisi pendukung Prabowo-Gibran tentunya akan mendapatkan jatah menteri pada periode 2024-2029. Selain nama ketua umum partai AHY ada sejumlah politisi senior di Partai Demokrat yang bisa menjadi menteri, salah satunya adalah Dede Yusuf.

Bahkan kalaupun tidak menjadi menteri, golden tiket menjadi bakal calon Gubernur Jabar bisa dikantonginya.

"KBB adalah lumbung suara bagi Prabowo-Gibran, makanya akan jadi kebanggaan jika ada menteri atau gubernur yang lahir dari dapil Jabar dua. Otomatis mereka akan memperhatikan aspirasi dari masyarakat KBB," kata Lili yang juga relawan pemenangan paslon capres-cawapres nomor urut dua Prabowo-Gibran.

Menurutnya akan menjadi sejarah manis jika ada anggota DPR RI yang diusung dari Dapil Kabupaten Bandung dan KBB yang diusung menjadi menteri atau menjadi kepala daerah di Jawa Barat.

Mengingat sosok Dede Yusuf yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi X DPR RI, sudah dikenal masyarakat dan memiliki pengalaman sebagai artis dan politisi yang sukses.

"Pastinya masyarakat KBB dan Kabupaten Bandung akan bangga kalau Dede Yusuf dipercaya jadi menteri atau kembali lagi ke Gedung Sate sebagai Gubernur Jabar," tandasnya.

Seperti diketahui Dede Yusuf Macan Effendi adalah kader Partai Demokrat yang memiliki track record panjang di dunia politik. Selepas menjadi Wakil Gubernur Jawa Barat, Dede melaju ke Senayan berkarir di DPR RI. Selain itu di bidang kepemudaan, dia pun cukup lama menjadi Ketua Kwarda Jabar pada Gerakan Pramuka. (*)

Editor : Rizki Maulana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network