Raih Suara Tertinggi di Dapil Jabar 1, Atalia Praratya: Alhamdulillah Berkat Izin Allah

Rizal Fadillah
Atalia Praratya. (Foto: ANTARA)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Atalia Praratya dipastikan menjadi pemenang dalam hasil rekapitulasi suara tingkat kabupaten dan kota untuk DPR RI daerah pemilihan (Dapil) Jawa Barat 1 yang meliputi Kota Bandung dan Kota Cimahi.

Perolehan suara politisi Partai Golkar itu menjadi yang tertinggi mengalahkan beberapa calon legislatif (Caleg) dari partai lainnya. Bahkan, petahana rekan satu partainya yakni Nurul Arifin juga tertinggal jauh. 

Atalia Praratya memperoleh suara 234.065. Jika dibandingkan Nurul Arifin, perolehan suaranya sangat jauh yang hanya memperoleh 63.203 suara.

"Alhamdulillah berkat izin Allah dan dukungan semua pihak, saya bisa mengantarkan Partai Golkar meraih 2 kursi di Dapil Jabar 1. Ini membuktikan bahwa positive campaign adalah kunci," kata Atalia dikutip dari Instagram pribadinya, Senin (11/3/2024).

Diketahui, kuota untuk DPR RI Dapil Jabar I ini ada sebanyak 7 kursi. Beberapa nama dengan suara terbanyak berdasarkan hasil pleno rekapitulasi KPU Kota Bandung dan Cimahi pun telah keluar. 

Dapil Jabar I ini akan didominasi kelompok perempuan. Jika diurutkan berdasarkan suara terbanyak ada Atalia Praratya, Ledia Hanifa dari PKS, Melly Goeslaw dari Partai Gerindra, Nurul Arifin dari Partai Golkar, Junico Siahaan dari PDIP, Habib Syarief Muhammad dari PKB, H. Fathi dari Partai Demokrat.

Para kelompok perempuan ini juga turut menggeser para petahana DPR RI Dapil Jabar I periode 2019. Beberapa nama petahana ini yaitu, politisi Partai Nasdem, Muhammad Farhan. Selain itu, ada nama Chairul Yaqin Hidayat dari Partai Demokrat. 

Bahkan, Farhan dan Chairul raihan suaranya belum bisa mengalahkan Atalia Praratya yang baru saja terjun dalam dunia politik usai suaminya, Ridwan Kamil mantap bergabung dengan Partai Golkar. 

Meski begitu, raihan suara yang diperoleh dari Caleg DPR RI Dapil Jabar  I ini baru sebatas tingkat kabupaten dan kota. Sementara, hasil pleno rekapitulasi suara dilakukan secara bertahap mulai dari kecamatan, kabupaten dan kota, provinsi hingga nasional. 

Saat ini, pleno baru digelar di tingkat provinsi, belum sampai pada tingkat nasional. Sedangkan, KPU Jawa Barat kini menunda pleno rekapitulasi suara karena ada dua daerah belum selesai melakukan rekapitulasi suara. 

"Diskors hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan, nanti akan ada pemberitahuan lebih lanjut," kata Ketua Bidang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jawa Barat, Hedi Ardia belum lama ini. 

Berikut daftar 7 Caleg DPR RI Dapil Jabar I berdasarkan hasil pleno KPU Kota Bandung dan Kota Cimahi:

1. Atalia Praratya, Partai Golkar: 234.065
2. Ledia Hanifa, PKS: 131.455
3. Melly Goeslaw, Partai Gerindra: 75.365
4. Nurul Arifin, Partai Golkar: 63.203
5. Junico Siahaan, PDIP: 56.516
6. Habib Syarief Muhammad, PKB: 51.801
7. H. Fathi, Partai Demokrat: 39.048

Editor : Rizal Fadillah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network