Masyarakat Diajak Bijak Berinteraksi di Media Sosial

Abbas Ibnu Assarani
Webinar dengan judul “Bijak Berinteraksi di Media Sosial," (Foto:Istimewa)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Dalam rangka mewujudkan masyarakat indonesia cakap digital. Kemenkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Sukabumi menyelenggarakan Webinar dengan judul “Bijak Berinteraksi di Media Sosial,” Senin (29/4/2024).

Kegiatan yang dilakukan secara offline dan online ini akan diikuti oleh puluhan ribu peserta se-Kota Sukabumi di Gedung Harsa Kota Sukabumi dengan fokus materi terkait Etika dan Cakap digital, aman serta etika digital.

“Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kemenkominfo untuk meningkatkan pemahaman mengenai hal-hal positif dalam berinteraksi di Media Sosial. Acara ini juga diselenggarakan dalam rangka meningkatkan tingkat Literasi Digital 50 juta masyarakat Indonesia pada tahun 2024 menuju Indonesia #MakinCakapDigital,” kata Pj Walikota Sukabumi, Drs. Kusmana Hartadji.

Berdasarkan hasil survey, Indeks Literasi Digital Nasional pada 2022 naik sebesar 0,05 poin menjadi 3,54 dari capaian indeks di tahun 2021. Ada tiga pilar yang meningkat, yaitu Pilar 1 (Digital Skill) naik sebesar 0,08 poin, Pilar 2 (Digital Ethics) naik sebesar 0,15 poin, dan Pilar 3 (Digital Safety) naik 0,02 poin. Namun Pilar 4 (Digital Culture) menurun sebesar 0,06 poin. Pola pada pilar ini tidak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya. 

Secara umum urutan pada tiap indikator memiliki urutan yang sama walaupun terdapat kecenderungan penurunan pada tiap indikator pada indikator teratas. Seperti penyesuaian cara berkomunikasi agar kedua pihak tidak tersinggung mengalami penurunan dari 3,82 (tahun 2021) menjadi 3,81 (tahun 2022). Sedangkan indikator dengan nilai indeks terendah cenderung mengalami kenaikan. 

Editor : Abdul Basir

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network