Dokter Beri Tips Agar Kaki Tetap Sehat dan Tak Ganggu Aktivitas Sehari-hari

Rizal Fadillah
Konsultan Bedah Ortopedi (Kaki dan pergelangan kaki) di Prince Court Medical Centre, Dokter Rukmanikanthan Shanmugam. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Dalam gerakan manusia, kaki dan pergelangan kaki merupakan hal yang penting untuk mobilitas. Namun tak jarang, orang-orang sering mengabaikan pentingnya struktur kompleks ini hingga mulai merasakan ketidaknyamanan atau rasa sakit.

Dengan strukur tulang yang rumit, manusia dapat memahami bagaimana struktur ini memengaruhi gerakan sehari-hari dan menemukan strategi untuk mencapai mobilitas optimal.

Konsultan Bedah Ortopedi (Kaki dan pergelangan kaki) di Prince Court Medical Centre, Dokter Rukmanikanthan Shanmugam menjelaskan, ada beberapa landasan yang dimana pentingnya kaki dan pergelangan kaki yang tidak hanya menanggung berat tubuh tetapi menyerap dampak setiap langkah, memberikan stabilitas, dan mendorong maju selama aktivitas.

“Kaki dan pergelangan kaki kita terdiri dari jaringan 26 tulang, 33 sendi, dan berbagai otot, tendon, dan ligamen, bekerja secara mulus untuk memfasilitasi gerakan. Desain kaki memungkinkannya beradaptasi dengan berbagai permukaan yang menuntut fleksibilitas atau kekakuan, kita harus bisa menjaganya agar tidak cedera, misalnya sampai terkilir, patah tulang, sehingga kelainan bawaan atau kondisi degeneratif dapat memperburuk masalah ini, menyebabkan nyeri kronis dan fungsionalitas yang berkurang,” jelas Dr. Rukman dalam keterangannya, Selasa (7/5/2024).

Sementara itu, banyak cedera sembuh dengan waktu dan perawatan yang tepat, beberapa memerlukan intervensi medis. Prosedur bedah mungkin diperlukan untuk mengatasi trauma yang parah atau memperbaiki kelainan struktural, menyoroti pentingnya diagnosis dan pengobatan tepat waktu.

Editor : Rizal Fadillah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network