Praktisi Bisnis Digital Sambut Baik Rencana PT Telkom Perluas Layanan Artificial Intelligence

Agus warsudi
PT Telkom berencana memperluas layanan AI. Rencana itu disambut para praktisi bisnis digital. (FOTO: ISTIMEWA)

Seperti produk Netmonk dengan layanan MONA. Chatbot berteknologi AI merupakan sebuah inovasi tepat sasaran, terlebih dalam meningkatkan Quality of Experience (QoE) pengguna. 

Inovasi MONA diyakini dapat menunjang perkembangan kualitas jaringan di Indonesia secara melejit atas chat dari pengguna. 

"Pemanfaatan AI pada monitoring jaringan masih bisa diaplikasikan lebih dalam lagi, di antaranya untuk 
melakukan estimasi dan prediksi sumber daya jaringan," kata Arfan.

Arfan menyatakan, kehadiran Bizy dari MyIndibiz juga dipandang akan memberikan manfaat signifikan bagi UKM di Indonesia. 

"Teknologi AI memberikan respons cepat atas kebutuhan UKM, sebagai salah satu sektor perekonomian utama untuk meningkatkan produktivitas masyarakat Indonesia," ujarnya.

Kemudian, tutur Arfan, penyematan AI pada fitur Tanya Pijar dari Pijar Belajar dapat mewujudkan masyarakat yang memiliki daya saing tinggi, lewat kemudahan akses pendidikan yang berkualitas.

"AI sering dianggap akan menurunkan kualitas komunitas saat ini yang ingin serba instan dengan keinginan belajar rendah. Tapi Tanya Pijar tidak demikian, justru meningkatkan kualitas pendidikan. Semoga inovasi ini dapat memajukan pendidikan Indonesia," tutur Arfan.

Para pegiat startup tersebut juga menyambut baik kehadiran layanan ultimate chatbot AI yang juga dikembangkan Telkom, yakni BigAssistant dari BigBox. 

Editor : Ude D Gunadi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network