Cegah Gagal Panen saat Kemarau, Pemprov Jabar Lakukan Pengendalian Hama

Rizal Fadillah
Pemprov Jabar Minta Petani Waspada Serangan Hama. (Foto: Ilustrasi/iNewsTv/Toiskandar)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melalui Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (DPTH) mewanti-wanti terjadinya gagal panen. Sebab, dampak musim kemarau mulai dirasakan langsung petani di wilayah Pantura (Indramayu, Cirebon, Subang, Majalengka).

Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan DTPH Jabar, Yanti Hidyatun Zakiah mengatakan, musim kemarau tidak hanya membuat kekeringan di wilayah pertanian. Serangan hama wereng dan penyakit lainnya juga berpotensi membuat tanaman pangan mengalami gagal panen. 

"Di musim kemarau ini tanaman pangan rawan terhadap hama dan penyakit tanaman. Biasanya banyak penyakit tanaman seperti hama wareng coklat dan tikus," ucap Yanti saat dikonfirmasi, Senin (5/8/2024).

Selain hama wereng, kata Yanti, tikus mulai banyak menyerang tanaman pertanian hingga lokasi tempat panen. Sehingga, DPTH Jawa Barat mulai melakukan pemantauan langsung di lapangan.

"Dan juga tentunya kita lakukan monitoring laporan kejadian kekeringan secara berkala sehingga kita bisa secepatnya melakukan mitigasi penanganan dan lebih cepat," ungkapnya.

Editor : Rizal Fadillah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network