HADE Ingin Bangun Gedung Budaya untuk Sarana Budayawan Beraktivitas

Adi Haryanto
Pasangan HADE menargetkan bisa membangun gedung budaya di KBB sebagai sarana bagi budayawan dan seniman untuk berkreasi dan beraktivitas dalam melestarikan budaya sebagai identitas daerah. Foto/Inews Bandung Raya

BANDUNG BARAT,Inews BandungRaya.id - Bakal calon Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan berkomitmen untuk mengembangkan seni budaya di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Hal itu ditegaskannya saat balon bupati dari PDI Perjuangan itu (PDIP) bertemu dengan komunitas budayawan dan paguron silat di  Paguron Domas Geger Hanjuang (Perum Maharani Village) Desa Cigugur Girang, Kecamatan Parongpong, KBB, Jumat (13/9/2024).

"Kebudayaan itu tidak ternilai, mahal sekali. Jadi harus dilestarikan, karena ini jadi identitas kita, makanya saya nanti bercita-cita membangun Gedung Budaya," kata Hengki saat ditemui di lokasi.

Hengki mengatakan, saat menjabat sebagai bupati dirinya selalu komunikasi aktif dengan para budayawan dan paguron silat yang ada di PPSI. Berbagai kegiaatan pasang giri pencak silat juga selalu disupport sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah.

Kedatangan balon bupati dari Pasangan HADE (Hengki-Ade Sudrajat) ke Paguron Domas Geger Hanjuang, Cigugur Girang ini juga, salah satunya untuk menyerap aspirasi dari para seniman, sesepuh budayawan, dan petani bunga mawar di kawasan Parongpong.

"Saya ke sini untuk belanja masalah, menyerap aspirasi dan insya Allah semua aspirasi akan kita tindaklanjuti ke dalam visi dan misi sebagai sebuah solusi," tuturnya.

Dia menegaskan, pembangunan gedung kesenian dan budaya menjadi salah satu dari target di masa kepemimpinan HADE nanti ke depan. Gedung itu nantinya menjadi tempat bagi seniman dan budayawan untuk menampilkan kreativitasnya.

Hengki pun berjanji akan lebih memperbanyak even untuk menarik banyak kunjungan ke KBB. Rencananya bakal menggelar pameran bunga dan hasil pertanian sebagai agenda tahunan yang menjadi identitas KBB.

"KBB ini punya sentra bunga di daerah Cihideung, Kecamatan Parongpong. Brand itu yang harus dikenalkan melalui gelaran pameran bunga yang sejalan dengan konsep The Beauty of Priangan," ucap Hengki.

Di masa pemerintahan HADE, The Beauty of Priangan akan dilaksanakan lebih masif lagi. Sebelumnya program itu sudah dicanangkan tapi terkendala anggaran.

"Jika saya kembali mendapat amanah memimpin KBB, program The Beauty of Priangan akan dilanjutkan lagi," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Gerakan Seni Tradisional (Gesit) Jawa Barat, Ambu Usdek meminta kepada Hengki Kurniawan jika kembali terpilih menjadi bupati agar jabatan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), KBB, dipegang oleh pejabat yang benar-benar paham dan mengerti soal seni budaya.

"Jabatan kepala Disparbud, harus oleh pejabat yang benar-benar mengerti seni dan budaya. Sehingga dia memiliki konsep yang jelas untuk mengembangkan seni dan budaya," tegasnya.

Dirinya yakin dengan background Hengki yang berasal dari kalangan artis tentunya sangat mengerti dan memahami segala sesuatu tentang seni dan kebudayaan. Termasuk keberpihakan anggaran di dinas yang juga harus mendukung program dari bupati.

"Makanya hari ini kami sampaikan ke beliau tentang segala aspirasi dari budayawan dan seniman ini," tuturnya.

Sementara salah seorang petani bunga mawar di Kecamatan Parongpong, Ayi Sutisna meminta Pemda KBB bisa lebih memperhatikan para petani bunga. "Semoga ke depan Pemda KBB ada perhatian lebih kepada petani bunga seperti saya," pungkasnya. (*)

Editor : Rizki Maulana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network