DPRD Jabar Umumkan Nama-Nama Calon Pimpinan Dewan Periode 2024-2029

Abbas Ibnu Assarani
Rapat Paripurna DPRD Jabar tentang pengumuman calon pimpinan definitif DPRD Jabar periode 2024-2029. (Foto:Istimewa)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id  - DPRD Jabar telah mengumumkan calon nama-nama calon pimpinan untuk periode 2024-2029.  Pengumuman dilaksanakan dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Jabar, Selasa (1/10/2024).

Rapat paripurna  tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Jawa Barat sementara Brigadir Jenderal TNI (Purn) Taufik Hidayat, turut mendampingi Wakil Ketua DPRD Jawa Barat sementara Iwan Suryawan. Hadir pula Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). 

Taufik Hidayat mengatakan, rapat paripurna hari ini adalah pengumuman usulan calon pimpinan DPRD Jawa Barat definitif periode 2024-2029. Hal ini sebagaimana amanat Pasal 111 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, terkait pimpinan DPRD definitif. 

Calon pimpinan DPRD Jawa Barat definitif masa jabatan 2024-2029 tersebut diantaranya; Ketua DPRD Jawa Barat Buky Wibawa, Wakil Ketua I, Iwan Suryawan, Wakil Ketua II, M.Q. Iswara, Wakil Ketua III, Ono Surono, Wakil Ketua DPRD Jawa Barat IV, Acep Jamaludin.

“Kami telah menyampaikan surat kepada ketua DPD, dan DPW partai politik yang berhak mengajukan pimpinan DPRD. Saat ini kami telah menerima usulan nama-nama calon pimpinan DPRD Jawa Barat yang dimaksud,” kata Taufik Hidayat, Kota Bandung, Selasa (1/10/2024).

Penyampaian usulan calon pimpinan DPRD Jawa Barat definitif masa jabatan 2024-2029 disampaikan oleh Plh Sekretaris DPRD Jawa Barat dalam rapat paripurna. Dalam waktu yang bersamaan sekaligus membacakan rancangan keputusannya. 

“Dalam hal ini perlu kami sampaikan keputusan DPRD diperlukan untuk memenuhi salah satu persyaratan pengajuan calon pimpinan DPRD kepada Kementerian Dalam Negeri,” tambahnya. 

Setelah diumumkan dan ditandatangani keputusan DPRD dimaksud. Maka akan ditindaklanjuti sesuai ketentuan yang berlaku. 

Pada tempat yang sama, Pj Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin berharap setelah penyampaian dan penandatanganan usulan calon pimpinan DPRD Jawa Barat definitif masa jabatan 2024-2029 ini segera disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri RI, dengan begitu bisa segera membahas APBD. 

“Saya berharap mudah-mudahan dalam minggu ini sudah ditetapkan (dilantik pimpinan DPRD Jawa Barat),” kata Bey Triadi Machmudin. (*)

Editor : Abdul Basir

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network