BMKG Ungkap Penyebab Cuaca di Wilayah Jabar Terasa Lebih Panas

Rizal Fadillah
Ilustrasi cuaca panas. (Foto: Pixabay)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Belakangan ini, cuaca di wilayah Jawa Barat, termasuk di Bandung Raya terasa lebih panas. Bahkan, berdasarkan informasi, suhu di wilayah ini bisa mencapai 30-32 derajat selsius.

Menurut laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), fenomena meningkatknya suhu panas di wilayah Jawa Barat karena MJO aktif tengah masuk ke dalam kuadran 4.

Selain itu, mulai melemahnya dominasi angin timuran atau monsun Australia dan bertambahnya tutupan awan konvektif signifikan yang berpotensi menyebabkan hujan.

"Awal musim hujan di sebagian besar wilayah Jabar dimulai pada Bulan Oktober kecuali untuk Tasikmalaya dan Pangandaran, itu sudah tejadi pada dasarian 3 September, dan Karawang, Bekasi, Subang dan Indramayu, itu akan pada awal dan pertengahan November (2024)," ungkap Kepala BMKG Bandung, Teguh Rahayu, Sabtu (12/10/2024).

Untuk itu, Teguh menghimbau agar masyarakat, khususnya di wilayah waran bencana agar waspada di masa peralihan musim ini.

"Di masa transisi atau peralihan dari musim kemarau ke musim hujan ini masyarakat dihimbau supaya tetap waspada terhadap terjadinya potensi dampak cuaca di musim kemarau seperti perbedaan suhu di malam atau pagi yang dingin dan siang hari yang panas atau terik," pungkasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network