Jenguk Korban Kecelakaan yang Minim Perhatian, Kang Unjang : "EDUN Siap Permudah Akses Kesehatan"

Adi Haryanto
Calon Wakil Bupati Bandung Barat nomor urut 4, Unjang Asari menjenguk warga korban kecelakaan lalu lintas yang sudah selama dua tahun tidak berdaya dan hanya terbaring di tempat tidurnya, Jumat (18/10/2024). Foto/Istimewa

BANDUNG BARAT,iNews BandungRaya.Id - Akses kesehatan masih menjadi barang mahal dan sulit bagi sebagian besar masyarakat di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Seringkali masyarakat khususnya yang kurang mampu terkendala dengan biaya yang harus dikeluarkan. Bahkan ketika pengobatan sudah dicover BPJS, mereka terkadang kesulitan untuk operasional rawat jalan cek rutin ke rumah sakit.

Lebih menyedihkan lagi ketika yang sakit adalah kepala keluarga sebagai penopang ekonomi, maka otomatis keluarga tersebut kehilangan sumber pendapatan.

Pada akhirnya istri dan anak-anaknya jadi kelompok yang masuk kategori miskin ekstrim.

Hal itu yang ingin diperhatikan oleh pasangan Calon Bupati Bandung Barat Edi Rusyandi dan Wakil Bupati Bandung Barat Unjang Asari. Supaya akses kesehatan bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat tanpa terkecuali.

Seperti yang dialami oleh Agus Moch Riyadi (48) warga Kampung Citunjung RT 03/01, Desa Galanggang, Kecamatan Batujajar, KBB.

Dia menjadi korban kecelakaan lalu lintas pada Senin (19/12/2022) silam, yang membuatnya kini hanya bisa terbaring tak berdaya di rumah kontrakannya.

Dia pun tak bisa menahan rasa harunya ketika Calon Wakil Bupati Bandung Barat, Unjang Asari tiba-tiba datang untuk menengok dan melihat secara langsung kondisinya. Tanpa bisa beranjak dari alas tidurnya, bahkan untuk duduk sekalipun, Agus bercerita kisahnya sambil berbaring.

Kejadian yang dialaminya terjadi saat sebuah mobil MVP jenis Nissan Grand Livina dengan nomor polisi D 1585 XGO warna merah oleng dan menabrak Agus yang kala itu tengah duduk di pinggir jalan. Mobil itu sebelumnya udah menyeruduk motor, gerobak tahu dan minuman.

Pascakecelakaan dua tahun silam, Agus kini hanya bisa terbaring tak berdaya di rumah kontrakannya. Kini dia pun tidak bisa menghidupi lima orang anak dan seorang istri.

Sebab jangankan untuk berjalan, untuk bisa sekadar buang air kecil maupun besar pria yang sehari-hari menjual cireng itu harus dipasangi selang dan kantung penampungan kotoran.

Melihat kondisi Agus yang tidak berdaya, Calon Wakil Bupati Bandung Barat Unjang Asari mengaku sangat berempati. Pria yang akrab disapa Kang Unjang itu pun berjanji akan memfasilitasi pelayanan dan penanganan kesehatan untuk Agus.

"Saya datang ke sini karena mendapatkan informasi adanya warga di Desa Citunjung yang menjadi korban kecelakaan dan tidak terperhatikan pengobatannya," ucapnya saat ditemui di lokasi, Jumat (18/10/2024).

Paslon EDUN (Edi-Unjang) ini menuturkan, dari cerita, Agus memang sempat mendapat bantuan untuk berobat dari orang yang menabraknya, namun itu pun tidak lama. Saat ini beliau hanya bisa berbaring di rumah kontrakannya.

"Pak Agus merupakan warga Bandung Barat yang membutuhkan uluran bantuan. Sudah tugas kita semua untuk meringankan beban sesama," sambungnya.

Dia menilai keluarga Agus menjadi satu dari banyaknya keluarga di KBB yang harus mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Oleh karena itu, pasangan EDUN telah merancang program khusus yang menjawab menjawab kebutuhan mendesak masyarakat desa. Terutama pada sektor keagamaan, pertanian, kesehatan, dan kewirausahaan.

"Ada lima program andalan yang diusung oleh Paslon EDUN, untuk memperkuat ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa," ucapnya.

Kang Unjang menyebut, program-program andalan itu yakni insentif guru ngaji, subsidi pupuk dan bibit bagi petani, permodalan UMKM, insentif kader Posyandu, dan penciptaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Tak hanya itu, sebagai upaya mendorong kemandirian ekonomi masyarakat, paslon EDUN juga menghadirkan program permodalan untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"Bantuan modal ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas serta membuka peluang usaha baru, terutama bagi masyarakat yang terdampak pandemi dan mengalami kesulitan ekonomi," tandasnya.

Sementara, Agus Moch Riyadi mengaku bersyukur dan senang dengan kehadiran sosok Calon Wakil Bupati Bandung Barat, Unjang Asari.

Dia tak menyangka ada calon pemimpin yang rela meluangkan waktu hanya untuk melihat kondisinya. Apalagi, dia dan sang istri tinggal di sebuah rumah kontrakan yang berukuran sekitar 3x4 meter.

"Alhamdulillah, saya enggak nyangka ada calon pemimpin yang mengunjungi warga sakit seperti saya. Semoga apa yang menjadi tujuan Kang Unjang bisa tercapai dengan lancar. Mudah-mudahan pasangan EDUN bisa menang di KBB," imbuhnya. (*)

Editor : Rizki Maulana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network