Pabrik Kelapa Sawit Swasta Rusak, PTPN IV PalmCo Lakukan Langkah Heroik Tampung TBS Masyarakat

Agus Warsudi
Kerusakan satu PKS swasta di Pandeglang berdampak terhadap antrean truk TBS petani yang mengular di PKS Kertajaya dan Cikasungka milik PTPN di Banten dan Jawa Barat. (FOTO: ISTIMEWA)

Sebab tidak hanya membutuhkan usaha lebih, dimana pengiriman sawit ke PKS terdekat mengharuskan PTPN menyeberangkan TBS produksi Kebun Kertajaya melewati selat sunda menuju PKS terdekat yang ada di Lampung, pengiriman TBS tersebut tentu juga membutuhkan biaya yang nominalnya tidak kecil.

“Untuk satu hari pengiriman TBS ke PKS Bekri di Lampung, cost transportasi dan beban lainnya sangat signifikan. Bisa menyentuh lebih dari Rp 150 juta perhari!” tutur Rizal.

Untuk itu, kata dia, PTPN IV sejak Minggu (27/10/2024) telah mengirimkan tandan buah segar sawit Kebun Kertajaya ke Lampung dan akan mengatur pola pengiriman sedemikian rupa untuk menekan besarnya koreksi biaya yang ditimbulkan.

Rizal mengatakan, dalam dua pekan ke depan, PTPN juga akan mencoba meningkatkan kapasitas dua PKS PTPN di Banten dan Jawa Barat menuju 1.800 ton per hari. Ini juga menjadi solusi jangka pendek jika pabrik swasta sekitar mengalami kendala.

“Kami tingkatkan kapasitas dengan perbaikan utilitas. Mudah-mudahan dalam dua pekan kedepan bisa naik ke 1.800 ton perhari,” ucap Rizal.

Editor : Ude D Gunadi

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network