Karyawan Back Office Ikut Turun Tangan! Inovasi Ini Bikin Layanan Jaminan Sosial Lebih Cepat

Adi Haryanto
Layanan SOMEAH menjadi inovasi terbaru yang dihadirkan bagi peserta jaminan sosial ketenagakerjaan di semua kantor cabang sehingga pelayanan jadi lebih cepat. Foto/Istimewa

CIMAHI,iNews BandungRaya.id - Peserta jaminan sosial ketenagakerjaan semakin dimanjakan dengan pelayanan yang cepat dan transparan.

Hal itu setelah BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Barat membuat inovasi program SOMEAH (Solid Melayani Peserta Sepenuh Hati) yang diterapkan di semua kantor cabang.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cimahi Boby Foriawan menyampaikan, hadirnya SOMEAH merupakan bentuk komitmen untuk mengutamakan pelayanan yang humanis, efisien dan berfokus pada kepuasan peserta.

"Program ini menjadi langkah nyata institusi untuk terus berinovasi dan memastikan setiap peserta mendapatkan pengalaman layanan yang baik dari awal hingga akhir proses," ucap Bobby.

Melalui keterlibatan karyawan lintas bidang, SOMEAH memberikan sejumlah manfaat nyata. Seperti mengurai antrian pada jam padat khususnya di pagi hari, mempercepat waktu tunggu di ruang layanan, mewujudkan pelayanan yang cepat dan tanggap.

Serta menjaga proses layanan berlangsung lebih tertib, terarah dan nyaman bagi peserta. BPJS Ketenagakerjaan berkomitmen bahwa pelayanan prima bukan hanya tujuan, tetapi standar yang harus diwujudkan setiap hari.

Melalui SOMEAH, semangat melayani dengan sepenuh hati diharapkan dapat dirasakan langsung oleh seluruh peserta di seluruh kantor cabang.

Sebelumnya Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jawa Barat Kunto Wibowo dalam keterangannya berharap melalui layanan SOMEAH peserta yang datang ke Kantor Cabang mendapatkan pelayanan yang cepat, tepat, dan tidak terlalu lama menunggu antrian.

"Layanan SOMEAH bertujuan untuk memberikan pelayanan cepat dan tepat sehingga peserta dapat dilayani dengan baik serta optimal," ucapnya, Selasa (25/11/2025).

Menurutnya ini adalah bentuk kolaborasi antar bidang internal di Kantor Cabang dalam melayani seluruh peserta. Sehingga bisa mewujudkan pelayanan yang cepat, mudah dan transparan serta memberikan customer experience yang positif kepada peserta.

SOMEAH merupakan aktivitas layanan yang dilaksanakan setiap hari khususnya pada pagi hari ketika peserta mulai memadati ruang layanan.

Karyawan back office yang sebelumnya tidak terlibat langsung dalam proses layanan, kini hadir untuk memastikan bahwa setiap peserta yang datang ke Kantor Cabang memperoleh informasi yang jelas, bantuan proses klaim dari petugas serta kebutuhan layanan lainnya dengan lebih mudah dan efisien.

Baik melalui kanal digital seperti aplikasi JMO (Jamsostek Mobile), LAPAK ASIK (Layanan Tanpa Kontak Fisik) online, JMO Mitra Unit Layanan maupun layanan onsite di Kantor Cabang.

Salah seorang ahli waris peserta BPJS Ketenagakerjaan yang akan melakukan konfirmasi JP Berkala, Mistriani mengaku sangat terbantu dengan adanya layanan SOMEAH.

“Sangat terbantu dengan layanan SOMEAH ini. Saya dibantu oleh salah satu karyawan mulai awal sampai selesai, sehingga tidak perlu lama menunggu antrian. Layanan ini sangat membantu, karena peserta yang datang lumayan cukup banyak," ujarnya. (*)

Editor : Rizki Maulana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network