Gareth Bale. (Foto: Instagram @blankos_football)

Hasil Piala Dunia 2022 Wales vs Iran 0-2: Sakit, Gareth Bale Cs Kecolongan di Injury Time 

Rizal Fadillah

QATAR, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Hasil Wales vs Iran dalam laga kedua penyisihan Grup B Piala Dunia 2022 dimenangkan oleh Team Melli dengan skor 2-0.

Bertanding di Ahmed bin Ali Stadium, Gareth Bales Cs harus menahan sakit setelah kecolongan 2 gol di injury time. Adapun kedua gol Iran dilesatkan oleh Rouzbeh Cheshmi pada menit 90+8’ dan Ramin Reazaeian pada menit 90+11’.

Pertandingan dimulai dengan tensi yang cukup tinggi oleh kedua tim. Pada 10 menit pertama Timnas Wales dan Timnas Iran sama-sama tak mendapatkan peluang yang berarti meski tampil menyerang.

Pada menit ke-12, barulah The Dragons menorehkan peluang emas lewat Kieffer Moore. Sayangnya, sontekan Moore yang menyambar umpan silang Connor Roberts bisa ditepis oleh Hossein Hosseini.

Lima menit kemudian, Team Melli -julukan Iran- justru berhasil memecah kebuntuan lewat sepakan Ali Gholizadeh. Namun, gol tersebut dianulir oleh wasit karena Gholizadeh berada dalam posisi offside saat menerima operan Sardar Azmoun di mulut gawang Wales.

Setelah itu, kedua tim saling jual beli serangan. Akan tetapi, mereka banyak melakukan tendangan spekulasi yang arahnya tidak akurat.

Pada menit 32, Aaron Ramsey melepaskan tendangan bebas berbahaya namun masih menyamping di sisi gawang Iran. Selepas itu, tim besutan Rob Page it uterus mengepung pertahanan Iran, tetapi mereka kesulitan untuk menciptakan peluang matang.

Tiga menit jelang turun minum, The Dragons kembali mengancam gawang Iran via tendangan melengkung Harry Wilson tetapi lagi-lagi bola masih melambung tipis di atas mistar. Alhasil, babak pertama pun berakhir dengan skor kacamata.

Iran langsung tancap gas di babak kedua dan mendapat peluang emas beruntun pada menit 52. Yang pertama, tendangan Azmoun dari dalam kotak penalti membentur tiang gawang.

Lalu, bola jatuh di kaki Gholizadeh yang kemudian melepaskan sepakan melengkung dan lagi-lagi terkena tiang. Kemudian bola rebound itu ditanduk Azmoun, tetapi mengarah tepat ke pelukan Hennessey.

Di sisi lain, Wales masih kesulitan untuk membongkar pertahanan Team Melli sampai pertengahan babak kedua. Mereka banyak melepaskan umpan silang dari sisi lapangan ke kotak penalti tetapi cara itu kurang efektif.

Pada menit 70, Iran nyaris memecah kebuntuan lewat tandukan Mehdi Taremi tetapi kurang bertenaga sehingga dengan mudah ditangkap Hennessey. Lalu, dua menit kemudian, Saeid Ezatolahi menembakkan tendangan keras dari jarak jauh yang mengarah ke pojok kiri bawah gawang, namun lagi-lagi bisa ditepis oleh kiper Nottingham Forest itu.

Dua belas menit berselang, The Dragons gantian mengancam gawang Iran dengan tendangan keras Ben Davies dari luar kotak penalti yang ditepis oleh Hossein Hosseini. Namun, tak lama kemudian Wales malah kehilangan Hennessey yang diganjar kartu merah oleh wasit setelah menghadang Teremi, yang sudah melewatinya lewat serangan balik cepat.

Unggul jumlah pemain, Iran terus membombardir pertahanan Wales di menit-menit akhir. Usaha mereka akhirnya membuahkan hasil di menit 90+8 lewat tendangan jarak jauh Roozbeh Cheshmi yang menggetarkan gawang yang dijaga Danny Ward.

Kemudian, Rezaeian Semeskandi menggandakan keunggulan Tim Melli pada menit 90+11 lewat golnya yang memanfaatkan serangan balik cepat. Alhasil, skor 2-0 untuk keunggulan sang raksasa Asia menutup pertandingan ini. Editor : Rizal Fadillah