get app
inews
Aa Read Next : Ruang Kelas SMA di Jabar Masih Minim, DPRD Lakukan Hal Ini

Kadisdik Pastikan Tak Ada Perpeloncoan Saat MPLS di Jabar

Senin, 18 Juli 2022 | 20:45 WIB
header img
Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat (Kadisdik Jabar), Dedi Supandi. (Foto: Net)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat (Kadisdik Jabar), Dedi Supandi menegaskan, tidak ada perpeloncoan selama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMA dan SMK se-Jabar.

Dedi juga memastikan, selama perkenalan sekolah ini akan diawasi oleh panitia dan dilakukan sesuai aturan yang berlaku.

"Pelaksanaan PLS diawasi oleh panitia PLS sekolah, seperti pengawas sekolah, komite sekolah, dan orang tua. Insya Allah enggak ada (perpeloncoan)," ucap Dedi di SMKN 3 Bandung, Kota Bandung, Senin (18/7/2022).

Menurutnya, MPLS diterapkan untuk mengenali potensi diri siswa baru, dan membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah, serta menumbuhkan motivasi.

"PLS mengembangkan interaksi positif antarsiswa, dan warga sekolah serta menumbuhkan perilaku positif, seperti kejujuran, kemandirian, dan saling menghargai," ungkapnya.

Dedi mengatakan, pihaknya sudah meminta kepada semua sekolah untuk menerapkan aturan yang sesuai dan tidak melenceng dari aturan itu.

"PLS ini lebih kepada bagaimana mengarahkan peserta didik mengetahui tentang wawasan kebangsaan dan pendidikan karakter," ujarnya.

Dirinya pun berpesan, agar seluruh peserta didik untuk menjaga persatuan bangsa. Sebab, Indonesia terdiri dari keberagaman. Sehingga, hak itu harus ditumbuhkan pada siswa-siswi baru di SMA dan SMK se-Jabar.

"Kalau tidak ada wawasan kebangsaan, tidak ada Pancasila maka ke depan belum tentu Nusantara itu ada. Bangsa ini ada di masa depan kalian, jadilah generasi yang memberi solusi," tandasnya.***

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut