FK Unjani Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis dan Edukasi Stunting di KBB

Abbas Ibnu Assarani
.
Selasa, 09 Agustus 2022 | 19:32 WIB
Tenaga medis dari Fakultas Kedokteran Unjani sedang melakukan pemeriksaan kesehatan kepada warga dalam rangka pekan pengabdian masyarakat dan edukasi stunting ke para kader Posyandu di Tanimulya, KBB. (Foto/Istimewa)

BANDUNG BARAT,INEWSBANDUNGRAYA.ID - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) menggelar acara pekan pengabdian masyarakat di RW 21 Desa Tanimulya, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen dan mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Dies Natalis Unjani ke-32. Ini juga sebagai upaya konkrit menciptakan upaya tripartit antara perguruan tinggi, pemerintah, dan masyarakat khususnya di KBB.

"Pembangunan saat ini diperlukan kolaborasi yang sinergis antara akademisi, pemerintah dan masyarakat. Bahkan kedepan kolaborasi pentahelix juga diperlukan dimana dunia industri dan media juga memiliki peran penting," kata Rektor Unjani Hikmahanto Juwana, Selasa (9/8/2022).

Kegiatan pada pekan pengmas ini diisi dengan edukasi dan pemeriksaan Kesehatan gratis untuk lansia. Edukasi penyuluhan mengenai stunting disampaikan kepada para kader posyandu dan masyarakat agar mewaspadai ancaman tumbuh kembang pada anak yang tidak maksimal. 

"Stunting merupakan masalah nasional yang perlu ditindak lanjuti bersama. Melalui edukasi ini diharapkan wawasan masyarakat mengenai stunting meningkat sehingga stunting di masa depan dapat teratasi," timpal Dekan FK Unjani, Sutrisno.

Sementara untuk kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis pada lansia, difokuskan kepada pemeriksaan tanda vital, status gizi, observasi menyeluruh oleh dokter, pengangkatan serumen telinga, pemeriksaan screening tuli dengar dengan audiometer oleh dokter, serta pemberian obat gratis.

Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini dilibatkan pula dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa kedokteran dan co-asistant yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan serta pengalaman di kampus kepada masyarakat. Selain itu, dilibatkan juga alumni dari FK Unjani sebagai wujud pengabdian alumni terhadap almamater. 

"Kegiatan ini terintegrasi dengan pengajaran dan penelitian sebagai wujud konkrit Tri Dharma Perguruan Tinggi. Untuk menunjang kegiatan keunggulan sesuai visi misi dari Fakultas Kedokteran Unjani," sambungnya. 

Pekan pengabdian kepada masyarakat yang digelar selama dua hari ini di Desa Tanimulya, Kecamatan Ngamprah, KBB, ini juga dihadiri oleh Dekan FK Unjani Sutrisno, Plt Bupati Kabupaten Bandung Barat Hengki Kurniawan serta Camat Ngamprah Agnes Virganty. (*)

Editor : Abdul Basir
Bagikan Artikel Ini