Logo Network
Network

Rekomendasi Film Tentang Kemerdekaan Indonesia, Berkisah Perjuangan Pahlawan

Rizal Fadillah
.
Jum'at, 12 Agustus 2022 | 15:00 WIB
Rekomendasi Film Tentang Kemerdekaan Indonesia, Berkisah Perjuangan Pahlawan
Poster film Soekarno. (Foto: net)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Agustus menjadi bulan yang sangat istimewa bagi masyarakat Indonesia. Sebab, bulan ini diperingat sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia yang dirayakan pada 17 Agustus.

Di tahun ini, Hari Kemerdekaan Indonesia menginjak usia yang ke-77. Banyak cara yang bisa dilakukan masyarakat dalam merayakaan momen tahunan ini, salah satunya adalah denan menonton film.

Film tentang Kemerdekaan Indonesia bisa menjadi pilihan dalam merayakan Hari Kemerdekaan RI ke-77.

Tentunya film yang cocok disaksikan saat Hari Kemerdekaan Indonesia ini bertema tentang perjuangan.

Berikut ini 10 film Indonesia bertema perjuangan yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Soekarno

Soekarno: Indonesia Merdeka adalah film yang bercerita tentang perjuangan Ir Soekarno dalam memperjuangkan kemerdekaan RI. Perjuangan Presiden pertama Republik Indonesia ini tayang perdana pada 11 Desember 2013. Aktor Ario Bayu didapuk memerankan sosok ‘Putra Sang Fajar’.

2. Merah Putih

Film ini merupakan rangkaian dari film Trilogi Merdeka. Merah Putih merupakan rangkaian pertama yang rilis pada 13 Agustus 2009.

Diperankan oleh lima aktor berpengalaman yaitu Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Darius Sinathrya, Zumi Zola dan Teuku Rifnu Wikana. Bercerita tentang Agresi Militer Belanda I pada tahun 1947, film didedikasikan untuk dua pahlawan Indonesia, Letnan Satu R. M. Subianto Djojohadkusumo dan Kadet R. M Sujono Djojohadikusumo.

3. Jenderal Soedirman

Film Jenderal Soedirman rilis pada 27 Agustus 2015. Aktor muda Adipati Dolken dipercaya memerankan tokoh pahlawan kharismatik ini.

Bercerita tentang seorang jenderal besar yang memimpin perang gerilya demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Walaupun menderita penyakit paru, hal itu tidak menjadi halangan baginya untuk terus berjuang.

4. Darah Garuda

Film kedua dari rangkaian Trilogi Merdeka ini rilis pada 8 September 2010. Darah Garuda masih bercerita tentang pertempuran dengan Belanda dan tentang persahabatan antara para tentara yang memiliki perbedaan latar belakang. Pada sekuel keduanya, banyak adegan peledakan dibandingkan sekuel pertamanya.

5. Bandung Lautan Api

Film ini diangkat dari kisah nyata yang terjadi pada 1946. Bangunan-bangunan di Kota Bandung habis dibakar oleh penduduknya. 

Hal tersebut dilakukan agar sekutu dan tentara Belanda tidak bisa menggunakan fasilitas di kota tersebut. Film ini dibintangi oleh aktris senior Christine Hakim.

6. Naga Bonar

Naga Bonar merupakan film yang mengambil latar belakang peristiwa perang kemerdekaan Indonesia. Bercerita tentang Naga Bonar, mantan copet di Medan yang sering keluar masuk penjara Jepang. 

Ia kemudian menjadi seorang tentara garis depan dalam perlawanan terhadap Belanda. Salah satu kalimat ikoniknya yaitu, “Apa Kata Dunia” dengan logat khas Batak yang menjadi salah satu ciri khas dari film ini.

7. Kartini

Kartini merupakan film biografi dari tokoh pejuang wanita Indonesia, R.A Kartini. Dian Sastrowardoyo didaulat memerankan tokoh emansipasi wanita ini.

Film Kartini bercerita tentang Kartini yang melihat langsung ibunya menjadi orang terbuang di rumahnya sendiri. Hal tersebut dikarenakan ibunya tidak memiliki darah ningrat dan menjadi seorang pembantu. Sepanjang hidupnya Kartini memperjuangan kesetaraan hak bagi semua orang baik ningrat ataupun bukan.

8. Guru Bangsa Tjokroaminoto

Film Guru Bangsa Tjokroaminoto yang rilis pada 2015 ini bercerita tentang biografi pahlawan nasional, Tjokroaminoto.

Film ini berhasil memenangkan tiga nominasi yaitu, Sinematografi Terbaik, Tata Artistik Terbaik dan Tata Busana Terbaik dari Festival Film Indonesia (FFI) 2015. Aktor Reza Rahardian dipercaya memainkanperan Tjokroaminoto.

9. Hati Merdeka

Hati Merdeka merupakan bagian ketiga dari rangkaian film “Trilogi Merdeka”. Rangkaian film yang tayang 2011 ini menjadi trilogi film perjuangan pertama di Indonesia.

Film ini bercerita tentang misi yang berakhir dengan tragis. Kehilangan anggota kelompok dan kesetiaan kelompok kembali diuji dengan mundurnya pimpinan mereka.

10. Tjoet Nja' Dhien

Film Tjoet Nya' Dhien ini mengisahkan tentang perjuangan seorang pahlawan wanita dari Aceh yang memimpin perang melawan Belanda. Perang antara rakyat Aceh dengan tentara Kerajaan Belanda menjadi perang terpanjang dalam sejarah kolonial Hindia Belanda. 

Disutradarai oleh Eros Djarot, film ini berhasil meraih sembilan Piala Citra. Tokoh Cut Nyak Dien diperankan aktris kawakan Christine Hakim.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.