get app
inews
Aa Read Next : Momen Jokowi dan PM Lee Saling Kenalkan Calon Pemimpin Baru RI - Singapura

Inilah Makna Pakaian Adat Buton yang Dipakai Jokowi di HUT ke-77 RI

Rabu, 17 Agustus 2022 | 09:38 WIB
header img
Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Buton, Sulawesi Tenggara saat upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka. (FOTO/MPI/RAKA DWI NOVIANTO)

JAKARTA, INEWSBANDUNGRAYA - Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Buton dari Sulawesi Tenggara (Sultra) saat upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022).

"Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara," kata Jokowi di Istana Merdeka.

Rupanya, baju ini menyimpan makna para pendiri Kerajaan Buton. Corak dan bentuk pakaian adat Buton sangat unik dan beragam.

Baju adat ini tergolong unik karena tidak ada samanya dengan pakaian adat daerah lain di Indonesia atau bahkan di dunia.

Keunikan tersebut tampak pada corak, bentuk, ragam, serta penggunaan masing-masing pakaian adat tersebut.

Keragaman bentuk dan ragam pakaian adat Buton tak bisa dilepaskan dari keragaman latar belakang sosial budaya masyarakat Buton khususnya para pendiri awal kerajaan Buton yang juga mencerminkan sistem golongan sosial dalam masyarakat Buton.

Dijelaskan, bahwa kerajaan Buton didirikan oleh sekelompok orang yang berasal dari latar belakang suku dan etnis yang berbeda. Mereka yakni Dungkusangia yang berasal dari Tiongkok-Mongol, Mia Patamiana dari Melayu, Wa Kaa Kaa dari Jawa-Mongol dan Sibatara dari Jawa.

Sebelumnya, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Baubau, Wa Ode Nursanti Monianse mengatakan, baju adat Kesultanan Buton sudah dikirim ke Istana Negara Jakarta.

Pakaian adat dolomani merupakan salah satu pakaian kebesaran Sultan Buton saat menghadiri upacara-upacara resmi di Kesultanan Buton.

“Pakaian adat Kesultanan Buton yang dikirim terdiri atas baju, celana, sarung, dan kopiah,” katanya, Senin (15/8/2022).

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut