get app
inews
Aa Read Next : Dutch Art In Motion Team Gelar Acara Puncak Kompetisi Seni Budaya Diikuti Mahasiswa Berbagai Kampus

Tolak Kenaikan Harga BBM, Hima Persis: Rugikan Masyarakat Kecil dan Mahasiswa

Rabu, 24 Agustus 2022 | 11:13 WIB
header img
Hima Persis tolak kenaikan harga BBM. (Foto: net/Ilustrasi)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Pimpinan Pusat Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (PP Hima Persis) menolak keras rencana pemerintah yang akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite pada pekan depan.

Ketua Umum PP Hima Persis, Ilham Nurhidayatullah menilai, bahwa masyarakat yang umumnya ekonomi menengah ke bawah masih sangat membutuhkan BBM bersubsidi.

"Kami memandang masyarakat masih membutuhkan pertalite dengan harga yang terjangkau. Karena diketahui, pertalite ini dikonsumsi oleh masyarakat menengah ke bawah," ucap Ilham dilansir dari laman Persib.co.id.

Menurutnya, kenaikan harga BBM subsidi juga diprediksi akan berefek pada kenaikan harga bahan kebutuhan pokok lainnya. Hal ini akan membuat perekonomian masyarakat yang berangsur pulih pasca pandemi Covid-19 kembali memburuk.

"Masyarakat bawah masih berjuang untuk pulih, efek pandemi Covid-19 cukup berdampak pada perekonomian masyarakat," ungkapnya.

Tak hanya itu, kenaikan harga BBM bersubsidi juga akan berdampak pada keberlangsungan pendidikan mahasiswa. Penurunan tingkat ekonomi efek pandemi Covid-19 mengakibatkan banyak rekan-rekan mahasiswa mengajukan penurunan UKT sampai tahun ini.

"Sebaiknya pemerintah membatalkan rencana itu. Rekan-rekan mahasiswa yang terdampak akibat Covid-19 harus menderita lagi akibat kenaikan BBM ini," jelasnya.

Pasalnya, rencana kenaikan harga BBM yang akan disampaikan Presiden Joko Widodo pekan depan, bertujuan untuk menekan beban APBN yang dikeluarkan pemerintah untuk subsidi BBM yang sudah menyentuh angka Rp520 triliun.

Sebelumnya, pemerintah dikabarkan akan menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi dalam waktu dekat. Pasalnya, subsidi yang dikeluarkan pemerintah melalui APBN telah membebankan negara.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang disampaikan pada Kuliah Umum di Universitas Hasanuddin yang disiarkan virtual, Jumat (19/8/2022).

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut