Logo Network
Network

Usai Jalan Sukabumi, Kini Flyover Jakarta-Supratman akan Uji Coba Dua Arah

Rizal Fadillah
.
Rabu, 24 Agustus 2022 | 14:41 WIB
Usai Jalan Sukabumi, Kini Flyover Jakarta-Supratman akan Uji Coba Dua Arah
Flyover Jakarta-Supratman Bandung. (Foto: net)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung berencana merekayasa flyover Jakarta-Supratman.

Sebelumnya, Dishub Kota Bandung juga telah melakukan rekayasa jalan di dua titik yakni Jalan Sukajadi dan Jalan Sukabumi.

"Rencananya setelah evaluasi rekayasa Jalan Sukabumi yang berlangsung dari 22-28 Agutus. Kalau seandainya tidak ada masalah, mungkin kita bisa coba buka dua arah flyover Supratman di sore hari," kata Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi (PDKT), Asep Koswara selepas program Bandung Menjawab di Taman Dewi Sartika, Rabu (24/8/2022).

Asep menjelaskan, setiap pagi semua pengendara dari Bandung Timur naik satu arah menggunakan flyover Jakarta-Supratman. Untuk mengurai kemacetan di Jalan Ahmad Yani Cicadas, Dishub juga akan merekayasa Jalan Bogor.

"Agar tidak terjadi penumpukan di Jalan Ahmad Yani Cicadas, Jalan Bogor juga akan kita buka. Itu jika rekayasa di Jalan Sukabumi ternyata berhasil dan dirasakan manfaat oleh masyarakat," ungkap Asep dilansir dari bandung.go.id.

Diakui Asep, pada mulanya Jalan Sukabumi memang sudah dua arah. Namun, karena tempo lalu masih proses pembangunan flyover, sehingga dijadikanlah satu jalur. Sedangkan Jalan Sukajadi yang awalnya dua arah dibuat menjadi searah.

"Sekarang kita jadikan dua jalur lagi agar lebih aman. Kita berkolaborasi dengan jajaran kepolisian dan Dishub Provinsi Jabar melakukan rekayasa lalu lintas ini," ucapnya.

Pemkot Bandung juga melakukan pembenahan lainnya. Salah satunya dengan merapikan halte Trans Metro Bandung (TMB) yang sudah disfungsi.

"Halte TMB akan ada evaluasi lanjutan. Untuk halte-halte yang tidak berfungsi akan kami bongkar. Sebab kalau malam hari, halte ini digunakan para gepeng (gelandang dan pengemis)," katanya.

Tak hanya itu, fasilitas kursi yang ada di halte TMB juga menghilang. 

"Jadi, setelah kami berdiskusi juga bersama Pak Sekda (Ema Sumarna), halte-halte TMB yang tak berfungsi di Kota Bandung sebaiknya dibongkar saja," jelasnya.

Sedangkan terkait program Car Free Day yang telah lama vakum, Asep menuturkan, sampai saat ini CFD masih belum bisa diaktivasi kembali.

"Karena covid-19, kita tidak mungkin mengadakan CFD. Jadi kami tidak menganggarkannya di 2022," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.