Logo Network
Network

Direhab TNI-Polri, Rumah Panggung Milik Warga KBB Jadi Nyaman dan Layak Huni

Abbas Ibnu Assarani
.
Jum'at, 16 September 2022 | 07:10 WIB
Direhab TNI-Polri, Rumah Panggung Milik Warga KBB Jadi Nyaman dan Layak Huni
Rumah milik Eno Sutisna (63) warga Kampung Cibacang RT 01/05, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Padalarang, KBB, yang selesai direhab sehingga kondisinya menjadi nyaman dan layak huni, Kamis (15/9/2022). (FotoInewsBandungraya.id)

BANDUNG BARAT,INEWSBANDUNGRAYA.ID - Rumah milik Eno Sutisna (63) warga Kampung Cibacang RT 01/05, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang berukuran 6 x 7 meter, awalnya hanya berupa rumah panggung yang kondisinya memprihatinkan.

Namun kini rumah Eno yang merupakan buruh serabutan tersebut, sudah berubah drastis. Rumahnya kini menjadi nyaman dan sehat serta layak untuk ditempati setelah dilakukan perbaikan secara swadaya melalui sinergitas TNI/Polri dari Kodim 0609 dan Polres Cimahi

"Dulu rumah bapa panggung, semuanya rusak. Kalau hujan bocor, kalau panas kepanasan. Alhamdulillah sekarang diperbaiki, terima kasih bapak polisi dan tentara," ucapnya usai rumahnya selesai direhab, Kamis (15/9/2022).

Eno menyebutkan, selama ini dirinya tinggal sendiri karena istrinya telah tiada. Anak dan cucunya sudah tinggal terpisah di rumahnya masing-masing. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, dirinya hanya bekerja serabutan ketika ada yang nyuruh. 

"Uangnya dipakai makan, jadi gak sanggup kalau harus benerin rumah sendiri," ucapnya. 

Kapolres Cimahi AKBP Imron Ermawan menyebutkan, bersama-sama dengan TNI, kecamatan, dan desa, melakukan perbaikan rumah milik Eno. Sebab secara ekonomi yang bersangkutan harus dibantu, mengingat kondisi rumahnya sangat tidak layak huni karena sudah rusak sehingga membahayakan. 

"Sinergitas TNI-Polri, pihak kecamatan, desa ini, sebagai upaya membantu masyarakat yang kesulitan, peduli kepada sesama, dan saling berbagi, karena masih banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan," kata Imron. 

Pihaknya akan terus membantu memperbaiki rumah warga yang kondisinya tidak layak. Sejauh ini sudah ada 15 rumah yang diperbaiki dan tersebar di berbagai wilayah hukum Polres Cimahi baik di Kota Cimahi maupun KBB. Serta masih ada 7 rumah lagi masih dalam proses penyelesaian pembangunan.

"Rumah yang jadi sasaran adalah warga yang tidak mampu dan informasi datanya kami dapatkan dari pihak desa, kecamatan, dan Polsek," pungkasnya. (*)

Editor : Abdul Basir

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.