get app
inews
Aa Read Next : Komisi III DPRD Jabar Harap Sektor Pendapatan Jadi Perhatian Pemprov

Pemprov Jabar Dorong Pembangunan SPBN untuk Nelayan

Selasa, 20 September 2022 | 14:30 WIB
header img
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum. (Foto: Abdul Basir)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Pemprov Jabar meminta PT Pertamina maupun BPH Migas membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) untuk para nelayan.

Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan pembangunan SPBN nanti dapat mempermudah nelayan untuk mengisi bahan bakar solar untuk melaut mencari ikan.

"Sehingga disaat nelayan butuh solar tidak ngantri ke luar," ujar Uu, usai menghadiri rapat koordinasi rencana penyaluran BBM bagi Nelayan, di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (20/9/2022).

Uu mengatakan pemprov Jabar sebetulnya sudah memberikan sudah diberikan kartu subsidi untuk para nelayan. Namun, dengan keterbatasan SPBN jarak yang ditempuh ini menjadi salah satu persoalan juga.

"Oleh karena itu saya minta ke pihak migas atau pun Pertamina untuk membangun SPBN yang ada di wilayah-wilayah yang disampaikan sekitar 70 lebih untuk dibangun," kata Uu.

"Tetapi kita tidak minta semua, hanya minta yang dianggap layak untuk mengeluarkan solar sesuai dengan leterannya. Jangan sampai dia terlalu banyak merugi," tambahnya.

Lebih lanjut, Uu meyakini alasan para pengusaha migas tidak membuat SPBN di dekat dermaga karena penjualannya tidak seperti penjualan BBM di pinggir jalan. Oleh karena itu pihaknya agak sedikit memaksa untuk membangun SPBN di wilayah tersebut. 

"Mudah-mudahan mereka punya niat baik, sesuai keinginan kami dan para nelayan untuk membangun SPBN," ucap panglima santri Jawa Barat ini. 

Uu menambahkan, selain SPBN Pemprov Jabar juga memperhatikan kebutuhan dermaga untuk para nelayan, karena saat ini kebutuhan dermaga juga sangat banyak.

"Titik-titiknya sangat banyak, maka diambil skala prioritas yang akan dibangun sesuai dengan kemampuan kami di berbagai tempat, karena memang ini kebanyakan bukan dermaga besar, tapi dermaga kecil hanya untuk lalu lalang saja disaat mereka melaut," tutup Uu. (*)

Editor : Abdul Basir

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut