Pesona Keindahan Sungai Cikahuripan, Wisata Green Canyon di Bandung Barat

Rizal Fadillah
.
Selasa, 20 September 2022 | 15:30 WIB
Sungai Cikahuripan. (Foto: net)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Sungai Cikahuripan merupakan satu diantara beberapa tempat wisata alam yang ada di kawasan Bandung Barat.

Sungai Cikahuripan ini berlokasi di Kampung Panyusupan, Desa Barangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat.

Tempat wisata yang satu ini memiliki keindahan alam yang tak diragukan lagi. Airnya yang jernih berwarna hijau yang diapit dengan tebing tinggi menjulang membuat Sungai Cikahuripan disebut-sebut sebagai Green Canyon Bandung Barat.

Meski harus melakukan perjalanan kaki sejauh 1 kilometer untuk menuju ke sini, namun hal itu tidak menyurutkan niat wisatawan untuk mengunjungi tempat ini.

Dilansir dari berbagai sumber, aliran sungai Cikahuripan terbentuk dari anak Sungai Citarum Purba. Aliran airnya mengikis bebatuan hingga membentuk ngarai curam yang sangat instagenik.

Airnya berwarna hijau kebiruan, dengan aliran yang beragam. Sebagian ada yang tenang layaknya sebuah kolam, sebagian lagi ada yang mengalir deras di antara bebatuan. Di tempat ini, Anda juga bisa bermain air karena airnya memang bersih.

Berbeda dengan Green Canyon Pengandaran, Sungai Cikahuripan ini jauh lebih kecil dan kamu tidak perlu menaiki perahu untuk mencapai aliran sungainya.

Selain itu, air yang berada di Sungai Cikahuripan ini juga terbilang dangkal, hanya 4 meter aja. Kamu pun bisa menyewa pelampung di sekitar sungai untuk menyusuri Sungai Cikahuripan.

Nama sungai ini berasal dari bahasa Sunda yang berarti air yang membawa kehidupan. Konon, warga di sekitar Sungai Cikahuripan percaya bahwa air sungai tersebut dapat memberi berbagai manfaat terutama dalam hal pengobatan.

Tempatnya yang asri membuat tempat ini menjadi tujuan akhir pakan yang menakjubkan barengan dengan keluarga atau kerabat dekat. Menghabiskan waktu dengan mendengarkan kicauan burung dan bermain air akan membuatmu jauh lebih rileks dan siap memulai hari baru.

Meski banyak pengunjung, tempat wisata satu ini masih terbilang asri dan belum banyak fasilitas yang disediakan.

Editor : Rizal Fadillah
Bagikan Artikel Ini