Logo Network
Network

Nikmati Sunrise Berselimut Kabut di Tebing Keraton Bandung

Rizal Fadillah
.
Kamis, 22 September 2022 | 16:57 WIB
Nikmati Sunrise Berselimut Kabut di Tebing Keraton Bandung
Tebing Keraton. (Foto: net)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Tebing Keraton adalah salah satu tempat wisata alam yang berada di Kota Bandung. Lebih tepatnya, Tebing Keraton ini berada di kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Bandung. Secara administratif berada di Kampung Ciharegem Puncak Desa Ciburial Kabupaten Bandung.

Tebing Keraton berada di ketinggian 1200 mdpl, tebing ini menawarkan keindahan alam dari jajaran hutan pinus dan hamparan Kota Bandung dari ketinggian.

Di tempat wisata ini, aktivitas yang dapat kamu lakukan diantaranya berkemah, menikmati sunset dan sunrise, trekking menuju bukit, berfoto dengan pemandangan bukit, dan masih banyak lagi.

Dilansir dari berbagai sumber, Anda bisa menikmati hijaunya pemandangan Tahura Djuanda di kawasan Tebing Keraton. Anda akan menyaksikan pemandangan yang lebih indah lagi apabila Anda datang sebelum matahari terbit atau kira-kira jam 6 pagi.

Pada saat itu, Anda bisa menikmati keindahan suasana perbukitan yang masih diselimuti kabut tebal. Ditambah dengan keindahan matahari terbit di balik bukit yang ada di sebelah timur.

Tebing Keraton senantiasa ramai dikunjungi oleh pengunjung. Biasanya, mereka ingin menyaksikan pesona keindahan alam dari Tebing Keraton. Gerakan kabut yang melayang-layang meluncur di antara pohon-pohon, dan pada saat matahari bersinar menembus kabut, memang menambah indahnya pemandangan pagi di Tebing Keraton.

Tidak sulit untuk mencapai Tebing Keraton ini, meskipun kondisi jalan menuju lokasi tidak begitu representatif. Dari pusat Kota Bandung berbeloklah ke arah Dago Pakar, kemudian ke arah Tahura Djuanda.

Setelah pintu gerbang Tahura Djuanda, beloklah ke kanan kemudian Anda akan melewati rumah-rumah besar dan kemudian perkampungan. Setelah itu Anda akan sampai di sebuah warung dengan baliho besar bertuliskan Warung Bandrek.

Perjalanan belum selesai, Anda masih harus melewati tanjakan dan jalan berbatu, barulah Anda sampai ke pos yang teratas, langsung di kawasan Tebing Keraton. Barulah di sini Anda bisa memarkir kendaraan Anda.

Dan untuk mencapai Tebing Keraton sendiri, Anda masih harus berjalan kaki kurang lebih 5 menit. Harga tiket masuk untuk pengunjung domestik sebesar Rp11.0000. Untuk pengunjung dari mancanegara harus membayar sebesar Rp75.000.

Yang harus dipersiapkan sebelum anda mengunjungi Taman Hutan Raya ini adalah kamera, jaket untuk menahan dinginnya udara, minuman dan bensin kendaraan yang harus diisi penuh.

Kalau Anda hanya pergi sendiri atau berdua, disarankan lebih baik naik motor saja, karena jalan yang akan anda lewati masih belum terlalu bagus dan karena belum diperbaiki oleh pihak pengelola wisata, yaitu Tahura Djuanda.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.