Anggota DPRD Jabar Bersyukur BIJB Bakal Layani Penerbangan Umrah

Abbas Ibnu Assarani
.
Jum'at, 23 September 2022 | 15:39 WIB
Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Daddy Rohanady. (Foto:Abdul Basir)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati rencananya bakal melayani penerbangan penumpang pada November 2022. 

Bahkan bandara berada di kabupaten Majalengka ini diperkirakan bakal melayani penerbangan Internasional untuk keberangkatan umroh dan haji dari wilayah Jawa Barat.

"Menteri Perhubungan (Budi Karya Sumadi) Bilang per November BIJB sudah melayani penerbangan umroh dan haji pakai Garuda dan Lion Air," kata Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Daddy Rohanady, di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (23/9/2022).

Daddy cukup lega dengan adanya rencana penerbangan di Bandara terbesar kedua di Indonesia itu, sebab, sejak dulu Ia mengharapkan BJIB dapat segera beroperasi.

"Saya termasuk orang yang ngotot bagaimana caranya Kertajati Running. Umrah paling yang dijani terlebih dahulu, ini paling tidak ada geliat di Kertajati," katanya.

"Hari-hari kita ada kargo 4 kali dalam seminggu keluar, tapi kita tentu tidak puas dengan 4 kali itu.Kita berusaha bagaimana caranya kargo bertambah," tambah.

Legislator Partai Gerindra ini mengatakan salah satu persoalan BJIB sepi akan peminat adalah aksesibilitas menuju bandara. Saat ia mendorong percepatan penyelesaian tol Cisumdawu sebagai upaya meningkatkan masyarakat untuk terbang melalui ke Kertajati.

Apabila nantinya tol Cisumdawu beroperasi penuh, katanya, jarak yang ditempuh penumpang dapat dipangkas hingga menjadi 1,5 jam saja dari Bandung.

"Untuk meramaikan kembali Kertajati, soal aksesibilitas, Cisumdawu kalau Runing itu aksesibilitas utama, pasti itu akan lebih hidup," tandasnya. (*)

Editor : Abdul Basir
Bagikan Artikel Ini