get app
inews
Aa Read Next : 5.365 Bencana Iklim Terjadi di Pulau Jawa, Walhi Minta Pemerintah Buat Kebijakan Penyelamatan

Ingat Banjir Bandang 2018, Lalu Lintas Cicaheum Bandung Pernah Lumpuh Total

Rabu, 05 Oktober 2022 | 13:32 WIB
header img
Dampak banjir tahun 2018 di Kota Bandung. Foto: (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Sore itu Bandung dilanda hujan lebat. Tak terpikir pada awalnya hujan itu akan membawa bencana yang tak akan dilupakan warga kawasan Cicaheum, Kota Bandung dan sekitarnya.

Banjir bandang yang terjadi pada Selasa (20/3/2018) itu terjadi usai tanggul Sungai Cicabe di Jatihandap jebol. Akibatnya lalu lintas di kawasan Cicaheum Bandung menjadi lumpuh total akibat banjir bandung.

Tak sampai di sana, luapan dari Sungai Cicabe juga membawa lumpur yang mengalir hingga ke ruas jalan nasional, Jalan Ahmad Yani-Jalan AH Nasution.

Informasi dari sejumlah warga di kawasan Jatihandap, kabarnya tinggi muka air sungai yang tanggulnya jebol itu mencapai 150 cm atau 1,5 meter.

Selain di Jalan Ahmad Yani, laporan genangan air di sejumlah wilayah diterima Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung. Di antaranya Bandung timur di Jalan Cikadut (Cicaheum), Jalan Purwakarta (Antapani), Jalan Polo air (Arcamanik), Jalan Terusan Jakarta (Antapani), Jalan Rumah Sakit Gedebage serta Jalan Perempatan Gedebage-Soekarno Hatta.

Kepala Diskar PB Kota Bandung saat itu, Ferdi Ligaswara mengatakan, delapan unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk mengatasi lumpur serta genangan yang menutup ruas jalan nasional, Jalan Ahmad Yani-Jalan AH Nasution.

"Kita melakukan penyemprotan ke jalan supaya lumpur bebas dari jalanan. Kita lakukan secepatnya," ujar Ferdi.

Ferdi mengungkapkan, tanggul Sungai Cicabe itu jebol sekitar pukul 16.30 WIB. Lantas Sungai Jatihandap meluap dan tak sebanding dengan kapasitasnya.

Kondisi Lalu Lintas

Hingga pukul 21.00 WIB, lalu lintas lumpuh di kawasan Cicaheum yang menghubungkan Bandung pusat dengan Bandung timur akibat lumpur yang menutupi jalanan itu.

Padahal pada petangnya juga, lalu lintas menuju arah Cicaheum macet total bahkan sampai mencapai Jalan Surapati dekat Lapangan Gasibu.

Di malam harinya, lalu lintas dari arah Bandung kota terlihat padat dari persimpangan Cikutra-PHH Mustofa sampai ke arah Cicaheum, dan Cicadas ke arah Cicaheum.

Kemudian, akibat banjir bandang, di kawasan Jatihandap mobil-mobil bertumpuk akibat dari terseret air luapan sungai Cicabe.

 

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut