get app
inews
Aa Read Next : Komisi III DPRD Jabar Harap Sektor Pendapatan Jadi Perhatian Pemprov

WJIS 2022, Pemprov Jabar Tawarkan 20 Proyek Energi Terbarukan

Kamis, 06 Oktober 2022 | 16:18 WIB
header img
Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Barat, Ai Saadiyah Dwidaningsih. (Foto: Ist)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Barat, Ai Saadiyah Dwidaningsih menyatakan, Pemprov Jabar menawarkan 20 proyek di sektor energi terbarukan di West Java Investor Summit (WJIS) 2022.

"Kami kolaborasi dan ngajak owner yang ingin menempatkan investasi di Jabar lewat WJIS 2022. Ada Sebanyak 20 proyek ditawarkan baik dari pemerintah BUMD Provinsi, kabupaten/kota, dan privat," ucap Ai Saadiyah di Bandung, Kamis (6/10/2022).

Ai Saadiyah menjelaskan, salah satu projek yang ditawarkan pada investor di WJIS 2022 yaitu Geothermal Sumedang. Kemudian, ada beberapa projek lain dari PLN khususnya dalam sektor energi baru terbarukan. 

"Dari PLN ada sebanyak enam projek, nilai total 1,7 miliar dolar atau 25,66 triliun rupiah. Kami berharap projek bisa masuk ke Jabar dan ini tentu memiliki dampak pada masyarakat Jabar," jelasnya. 

Menurutnya, investasi dalam sektor energi bukan untuk jangka pendek tapi harus dilakukan dalam jangka panjang. Sehingga, tidak bisa ditentukan dalam waktu dekat untuk total keuntunganya.

"Projek energi ini jangka panjang, dan investasi tinggi. Ini kolaborasi dengan luar negeri kami ada dari Dubai dan ada projek lainnya. Kemudian ada PLTP di Sukabumi itu ada investor dari luar negeri," katanya. 

Selain itu, ada beberapa langkah lain juga yang saat ini tengah dimaksimalkan. Salah satunya untuk memberikan kesadaran terhadap masyarakat bahwa projek ini memberikan dampak positif untuk warga di Jabar. 

"Ini tantangan juga, sosialisasi pendekatan pada masyarakat dan pemerintah provinsi memiliki tanggung jawab. Masyarakat juga banyak dapat info tidak menyeluruh dan tidak terkonfirmasi kebermanfataanya," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut