get app
inews
Aa Read Next : Bentuk Kesadaran Bersama, Ilmu Komunikasi Fisip Unpas Sebar Sapi Kurban untuk Warga Cimahi

Jumlah Mahasiswa Baru Meningkat, Fisip Unpas Syukuri Ekonomi Masyarakat Mulai Bangkit Pasca Pandemi

Kamis, 06 Oktober 2022 | 19:15 WIB
header img
Dekan Fisip Unpas, M. Budiana saat memberikan sambutan dalam PKKMB 2022 tingkat fakultas di Balai Sartika Bikasoga, Bandung. (Foto: Ist)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Unpas menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2022 tingkat fakultas di Balai Sartika Bikasoga, Kota Bandung, Kamis (6/10/2022).

Dalam kegiatan tahunan ini, jumlah mahasiswa baru yang mengikuti PKKMB 2022 sebanyak 1.104 orang.

Menurut Dekan Fisip Unpas, M. Budiana, jumlah mahasiswa baru tahun ini meningkat dibanding tahun lalu. Tahun lalu jumlahnya hanya mencapai 900 orang.

Menurutnya, hal tersebut disebabkan karena ekonomi masyarakat pasca pandemi sudah mulai bangkit, tahun ini sebanyak 1.104 mahasiswa.

"Alhamdulilah minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya ke jenjang pendidikan tinggi mulai bangkit lagi setelah dua tahun pandemi," ungkap Budiana.

Dikatakan Budiana, tahun ini PKKMB fakultas diselenggarakan secara hybrid selama dua hari yakni pada Rabu (5/10/2022) digelar secara online dan hari ini secara offline.

"Namun kami juga menyelenggarakan hybrid pada PKKMB hari kedua, karena syarat mengikuti PKKMB Offline harus booster. Jadi ada yang belum booster, sakit, dan di luar kota masih bisa mengikuti PKKMB hari kedua secara online," katanya.

Ia menyebut, program studi yang paling banyak dipilih adalah ilmu komunikasi, disusul hubungan internasional, lalu administrasi bisnis.

"Dari sisi volume mereka yang daftar kebanyakan di 3 Prodi itu. Yang paling besar di Prodi Komunikasi. Mengapa komunikasi jadi difavoritkan masyarakat, ya karena mungkin zamannya di situ," terangnya.

Ditanya soal perkuliahan tahun ajaran baru, Budiana menjelaskan perkuliahan untuk mahasiswa baru ini akan dimulai pada 10 Oktober 2022.

"Setelah 2 tahun terganggu oleh pandemik kami akan mulai perkuliahan offline lagi. Untuk mahasiswa baru ini tanggal 10 Oktober. Kami melalui wakil dekan 1 bidang akademik sudah prepare mempersiapkan kuliah offline," jelasnya.

Dikarenakan masih dalam kondisi pandemi, kata Budiana, meskipun offline pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan (prokes). Selain itu, akan terus mengevaluasi setiap minggunya.

"Jika ada kekurangan maka setelah dievaluasi, minggu depannya sudah tidak ada kekurangan lagi," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut