get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Bandung Sabet Dua Penghargaan dari Kemenkes, Bukti Kualitas Layanan Kesehatan Baik

15 Obat Sirup Mengandung Etilen Glikol, Diduga Penyebab Gagal Ginjal Akut pada Anak

Kamis, 20 Oktober 2022 | 09:05 WIB
header img
Kandungan etilen glikol (EG) diduga menjadi penyebab gagal ginjal akut pada anak. (Foto: ilustrasi/freepik)

Pemeriksaan ini dilakukan di tengah hebohnya gangguan ginjal akut pada anak yang diduga akibat obat sirup parasetamol yang telah tercemar EG dan dietilen glikol (DEG). Hingga saat ini, belum ada hasil yang konklusif terkait penyebab gangguan ginjal akut misterius.

Pemeriksaan BPOM dan Kemenkes juga menelusuri secara komprehensif kemungkinan faktor risiko lainnya. Namun demikian, baru-baru ini Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr Mohammad Syahril menepis kabar tentang pihaknya mengeluarkan daftar 15 sirup obat yang teridentifikasi mengandung EG.

"Kementerian Kesehatan tidak pernah mengeluarkan daftar yang memuat nama obat dan identifikasi kandungan senyawanya sebagaimana yang saat ini banyak beredar. Dapat kami pastikan bahwa Informasi tersebut tidak benar," tegasnya.

dr Syahril menyinggung hasil pemeriksaan terhadap sisa sampel obat yang dikonsumsi pasien. Hasilnya ditemukan jejak senyawa yang berpotensi menyebabkan AKI (Accute Kidney Injury).

"Dalam pemeriksaan dari sisa sampel obat yang dikonsumsi pasien, sementara ini ditemukan jejak senyawa yang berpotensi menyebabkan AKI (gagal ginjal akut) ini, saat ini Kemenkes dan BPOM masih terus menelusuri dan meneliti faktor risiko lainnya," kata dr Syahril.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut