get app
inews
Aa Read Next : Kang Haru Tawarkan Subsidi Silang Untuk Tekan Kemiskinan di Jabar

Miliki Pemandangan Menakjubkan, 4 Tempat Wisata di Jabar ini Terkenal dengan Legendanya

Sabtu, 05 November 2022 | 12:24 WIB
header img
Situs Megalitikum Gunung Padang di Cianjur (Rachmad Faisal/Okezone)

2. Gunung Tangkuban Parahu (Bandung Barat/Subang)

Berikutnya, ada tempat wisata yang terkenal dengan kisah Sangkuriang yaitu Gunung Tangkuban Perahu. Menurut legenda, gunung tersebut tercipta akibat kemarahan Sangkuriang yang gagal menikahi Dayang Sumbi.

Sangkuriang tidak mengetahui apabila Dayang Sumbi sebenarnya adalah ibu kandungnya sendiri. Akan tetapi Sangkuriang bertekad akan menikahi Dayang Sumbi.

Untuk menggagalkan pernikahan tersebut, Dayang Sumbi memberi syarat supaya Sangkuriang membuat perahu serta telaga yang harus jadi dalam waktu semalam dengan membendung aliran Sungai Citarum.

Upaya Sangkuriang itu nyaris berhasil sebelum digagalkan oleh kecerdikan Dayang Sumbi. Sangkuriang oleh Dayang Sumbi seolah-olah melihat waktu sudah pagi.

Lantaran kecewa, Sangkuriang menendang perahu yang dibuatnya itu. Secara ajaib perahu berubah menjadi Gunung Tangkuban Parahu yang dikenal hingga sekarang.

Terlepas dari kisah legenda tersebut, Tangkuban Perahu tercatat sebagai gunung api aktif. Di kawasan ini terdapat tiga kawah yakni Kawah Upas, Kawah Ratu, serta Kawah Domas.

Kawah-kawah itu terbentuk akibat besarnya letusan gunung beberapa tahun silam. Dari tiga kawah tersebut, Kawah Ratu paling mudah dijangkau serta menjadi daya tarik utama dari destinasi gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Subang dan Kabupaten Bandung Barat itu.

3. Situ Bagendit (Garut)

Danau atau Situ Bagendit adalah daya tarik wisata yang berada di Kabupaten Garut. Danau tersebut juga menjadi salah satu sumber air guna memenuhi kehidupan masyarakat di sekitar.

Menurut legenda, danau ini tercipta akibat keserakahan dari seorang tokoh bernama Nyai Bagendit yang hidup dengan bergelimang harta. Tetapi ia sangat kikir serta enggan berbagi kepada warga yang tidak mampu.

Suatu hari, datang seorang kakek meminta bantuan kepada Nyai Bagendit. Akan tetapi, kakek ini justru diusir serta dihina. Lantaran kecewa, kakek misterius itu menancapkan tongkatnya ke tanah dan saatdicabut keluar air secara terus menerus.

Warga yang tinggal di sekitar kediaman Nyai Bagendit langsung berlarian menyelamatkan diri. Nyai Bagendit sendiri terlambat untuk lari sehingga ia serta hartanya tidak bisa diselamatkan.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut