get app
inews
Aa Read Next : Kang Haru Tawarkan Subsidi Silang Untuk Tekan Kemiskinan di Jabar

Miliki Pemandangan Menakjubkan, 4 Tempat Wisata di Jabar ini Terkenal dengan Legendanya

Sabtu, 05 November 2022 | 12:24 WIB
header img
Situs Megalitikum Gunung Padang di Cianjur (Rachmad Faisal/Okezone)

4. Gua Sunyaragi (Cirebon)

Gua Sunyaragi adalah situs bersejarah peninggalan Kesultanan Kasepuhan Cirebon. Konon gua ini dibangun pada abad ke-17 sampai 18 M.

Gua tersebut didirikan sebagai tempat meditasi para sultan serta keturunannya, sehingga dinamakan Sunya (sunyi/sepi) serta Ragi (raga).

Berbagai cerita legenda sampai mitos-mitos dapat didengar wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut. Terdapat beberapa tempat yang disakralkan di Gua Sunyaragi.

Menurut keterangan juru pelihara setempat, ada satu ruangan yang biasa didatangi oleh sultan zaman dulu untuk bermeditasi serta memberangkatkan sukmanya ke Tanah Suci Mekah.

Beberapa ruangan lain juga mempunyai makna khusus tersendiri. Contohnya adalah ruang tamu yang dibangun dengan langit-langit tidak tinggi. Itu dimaknakan supaya setiap orang yang datang selalu membungkuk dengan maksud merendahkan diri.

Bangunan lainnya dibuat sedemikian rupa sampai menyerupai wajah barongsai. Hal itu dimaksudkan sebagai penghormatan kepada bangsa Tiongkok yang tinggal di kawasan Cirebon.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut