get app
inews
Aa Read Next : Tak Berpuasa, Muhammadiyah Anjurkan Ibu Hamil dan Menyusui Cukup Bayar Fidyah

Muhammadiyah Imbau Masyarakat Laksanakan Shalat Gerhana Usai Maghrib

Selasa, 08 November 2022 | 10:20 WIB
header img
Ilustrasi sholat gerhana bulan. (Foto: ist)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Gerhana bulan total bakal terjadi pada hari ini, Selasa (8/11/2022). Maka Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengeluarkan imbauan terkait waktu shalat gerhana dan siapa saja yang bisa mengerjakannya.

Seperti diketahui, gerhana matahari dan gerhana bulan merupakan peristiwa astronomi yang merupakan tanda-tanda kebesaran Allah. Gerhana tidak berkaitan dengan nasib buruk seseorang maupun suatu negara.

Sejumlah peristiwa gerhana matahari sudah terjadi di Indonesia, mulai Gerhana Matahari Total, Gerhana Matahari Sebagian, Gerhana Matahari Cincin, Gerhana Bulan Total, serta Gerhana Bulan Sebagian. Peristiwa gerhana itu harus disikapi secara ilmiah serta dituntunkan untuk berzikir melalui shalat gerhana.

Dalam Maklumat Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, shalat gerhana dilaksanakan pada saat terjadi gerhana hingga usai gerhana, baik pada saat gerhana matahari atau gerhana bulan. Jika gerhana usai sementara shalat masih ditunaikan, maka shalat tetap dilanjutkan dengan memperpendek bacaan.

Orang yang bisa mengerjakan shalat gerhana yaitu mereka yang mengalami gerhana atau berada di kawasan yang dilintasi gerhana. Orang yang berada di kawasan
yang tak dilintasi gerhana tidak dituntunkan untuk mengerjakan shalat gerhana.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut