get app
inews
Aa Read Next : Usai Bertemu Surya Paloh, Prabowo Bakal Temui Pimpinan PPP

Hari Pahlawan 2022: Siapa Sosok Robert Wolter Mongisidi yang Diceritakan Prabowo

Kamis, 10 November 2022 | 10:53 WIB
header img
Pahlawan nasional, Robert Wolter Mongisidi. Foto: Twitter Prabowo Subianto

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Para pahlawan nasional kembali banyak diulas di momen Hari Pahlawan 2022. Tak ketinggalan, Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto mengulas salah satu pahlawan nasional, Robert Wolter Mongisidi.

Lantas siapa dan bagaimana profil dari Robert Wolter Mongisidi? Berikut ulasan singkat mengenai biodata dan profil Wolter Mongisidi yang dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (11/10/2022).

Bernama lengkap Robert Wolter Mongisidi, pahlawan kelahiran 14 Februari 1925 ini lahir di Malalayang, Manado. Meskipun lahir jauh di timur Indonesia, Mongisidi tetap memperhatikan pendidikannya.

Tercatat dia pernah menempuh pendidikan di Hollands Inlandsche School (HIS), Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO), Sekolah Pertanian Jepang di Tomohon dan Sekolah Guru Bahasa Jepang.

Sejalan dengan pendidikan, kariernya juga tak jauh dari mengabdikan diri sebagai guru. Mongisidi sempat menjadi guru bahasa Jepang di Malalayang Liwutung dan Luwuk Banggai.

Seperti diketahui, Mongisidi tumbuh dalam budaya Bantik Minanga (Malalayang) yang begitu kental. Adat yang paling mendasar yakni Hinggilr'idang, Hintalr'unang dan Hintakinang.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut