get app
inews
Aa Read Next : Masyarakat Diimbau Aktif Memilah Sampah Mulai Dari Rumah

Jabar Terus Diguncang Gempa, BMKG Sebut Sejumlah Daerah Terdampak

Senin, 14 November 2022 | 18:12 WIB
header img
Ilustrasi gempa bumi yang mengguncang Jawa Barat. (Foto: ilustrasi)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Jawa Barat (Jabar) hampir 3 hari berturut-turut diguncang gempa. Sejak 12 November 2022, dua peristiwa gempa sudah terjadi dan ditutup dengan gempa di Kabupaten Bandung pada Senin (14/11/2022) dini hari.

Pada Sabtu (12/11/2022), gempa bumi terjadi sebanyak dua kali di Kabupaten Garut. Dengan kekuatan magnitudo 4.9 di kedalaman 16 kilometer, gempa bumi terjadi pada pukul 19.29 WIB.

Menurut BMKG, gempa bumi ini berpusat di laut pada 199 kilometer Barat Daya Kabupaten Garut. Geterannya dirasakan bukan hanya masyarakat Garut melainkan di Ciamis, Pangandaran, Tasikmalaya sampai ke kabupaten/kota Bandung. Begitu juga masyarakat Cianjur dan Sukabumi ikut merasakan.

Gempa susulan terjadi hanya berselang tak kurang dari 1 jam atau tepatnya pada pukul 20.18 WIB. Berada di kedalaman 10 kilometer, gempa kali ini dengan magnitudo yang lebih besar yaitu 5.3.

Pusat gempanya kembali di laut di 122 kilometer Barat Daya Kabupaten Garut. Getaran gempa dirasakan oleh masyarakat Garut, Ciamis, Pangandaran, Tasikmalaya sampai Cianjur, Sukabumi dan Kota/Kabupaten Bandung.

Pada Minggu (13/11/2022), gempa dengan kekuatan magnitudo 4.1 dirasakan masyarakat di sejumlah kota/kabupaten di Jabar. Gempa ini berada di 21 kilometer Barat Daya Kabupaten Purwakarta.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut