get app
inews
Aa Read Next : Edan! Wanita Ini Ingin Punya Payudara Terbesar di Dunia, Sudah Operasi Tiga Kali

Kenali 5 Jenis Puting Payudara, Ibu Jangan Sampai Insecure

Selasa, 15 November 2022 | 19:01 WIB
header img
Ilustrasi payudara. (Foto: timesofindia)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Setiap wanita memiliki puting payudara yang berbeda. Perbedaan ini lumrah lantaran tubuh setiap manusia berbeda.

Akan tetapi, masih saja ada wanita yang insecure dengan keadaan puting payudaranya. Terlebih ketika puting payudara mereka dibandingkan dengan yang lain.

Padahal perbedaan yang ada ini sangat wajar. Mengingat jenis puting payudara setiap wanita memang berbeda.

Berikut 5 jenis puting payudara yang dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/11/2022):

5. Puting Payudara Supernumerari (Ganda)

Pertama, puting payudara ini terdapat dua atau lebih di salah satu bagian areola. Walaupun termasuk kondisi yang langka, namun hal tersebut termasuk wajar.

Apabila kondisi puting tersebut mengganggu, bisa ibu hilangkan dengan cara operasi atas anjuran dokter. Tetapi jika sampai keluar nanah, nyeri, dan sebagainya, ibu bisa periksa ke dokter.

4. Puting Payudara Berambut

Selanjutnya puting payudara yang memiliki rambut-rambut halus. Ini juga merupakan hal yang wajar.  Apabila merasa risih dengan rambut di sekitar puting, ibu dapat melakukan waxing, mencabut, atau mencukurnya.

Tetapi, hal ini perlu diwaspadai jika puting yang berambut disertai dengan gejala lain seperti haid tak lancar dan tumbuh rambut di wajah. Ibu segera periksa ke dokter, lantaran berisiko memiliki masalah kesehatan yang serius.

3. Puting Payudara Inverted (Terbalik atau Masuk ke Dalam)

Lalu, puting payudara jenis ini terlihat semacam tenggelam atau masuk ke dalam areola. Hal tersebut bisa disebabkan oleh jaringan payudara yang menempel ke dasar puting. Puting dapat distimulasi seperti puting normal secara manual dengan cara memberinya rangsangan.

Apabila ibu memiliki jenis puting payudara inverted sejak lahir, berarti hal tersebut normal. Tetapi, ibu perlu waspada jika puting yang tadinya normal, tiba-tiba berubah bentuk menjadi inverted. Hal itu disebut dengan puting retraksi. Kondisi tersebut dapat berisiko pada masalah kesehatan yang serius.

2. Puting Payudara Flat (Datar)

Kemudian ada jenis puting payudara yang agak masuk ke dalam payudara dan sejajar dengan areola. Namun tidak mengangkat dan juga tidak tenggelam. Bahkan puting payudara ini datar tidak menonjol keluar, meskipun terdapat rangsangan.

Kendati jenis puting ini tergolong normal, namun dapat menyulitkan bagi ibu menyusui lantaran tidak melekat dengan baik, serta bayi tidak mendapat asupan ASI yang optimal. Untuk membantu mengangkat puting, ibu gunakan breast shell atau pompa ASI sebelum menyusui supaya dapat mengangkat puting.

1. Puting Payudara Normal

Puting payudara jenis ini mempunyai letak yang berada tepat di tengah areola (bagian hitam di sekeliling puting). Bentuk puting ini mengacung ke atas beberapa milimeter dalam keadaan normal, dan bakal lebih menonjol apabila terdapat stimulasi rangsangan berupa suhu atau sentuhan.

Puting jenis ini disebut juga puting payudara normal, lantaran yang paling banyak dimiliki oleh wanita, yakni sekitar 90 persen.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut