get app
inews
Aa Read Next : Bupati Bandung Lepas 2.955 Calon Jemaah Haji di Masjid Al Fathu Soreang

Aktivitas Warga Dayeuhkolot Bandung Lumpuh Akibat Banjir, Ratusan Rumah Terendam

Selasa, 29 November 2022 | 17:23 WIB
header img
Banjir merendam ratusan di Kampung Bojong Asih, Dayeukolot, Bandung. (Foto: iNews.id/Erick Fahrizal)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Hujan deras yang mengguyur kawasan Bandung Raya sejak Senin (28/11/2022) sore mengakibatkan Sungai Citarum meluap.

Akibatnya, ratusan rumah yang berada di Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, terendam banjir dengan ketinggian bervariasi antara 20-70 sentimeter pada Selasa (29/11/2022).

Salah satu lokasi wilayah yang terendam banjir yakni berada di permukiman Kampung Bojong Asih, Desa Dayeuhkolot. Di kampung ini, sedikitnya ada 400 rumah warga yang terendam banjir dengan kedalaman 20 hingga 70 sentimeter.

Akibat permukiman terendam banjir, aktivitas warga sekitar pun menjadi terganggu. Warga terpaksa berjalan kaki menerobos genangan banjir karena jalan tidak bisa di lalui oleh kendaraan.

Banjir dari luapan Sungai Citarum ini sudah sering terjadi sejak puluhan tahun silam, terutama di saat hujan turun dengan intensitas tinggi.

Ketua RW 04 Desa Dayeuhkolot, Mulyadi mengatakan, banjir yang merendam Kampung Bojong Asih kali ini terjadi seusai wilayah Bandung raya diguyur hujan besar sejak Senin sore.

Banjir tahunan ini, kata Mulyadi, masih akan terjadi mengingat intensitas curah hujan yang masih tinggi di kawasan tersebut.

"Kampung kami ini berada di dataran rendah seperti cekungan. Tak heran air selalu mengalir ke perkampungan terutama di saat musim hujan," kata Mulyadi.

Mulyadi pun berharap, pemerintah setempat dapat membangun kantung air atau folder penampung air agar banjir tidak masuk ke permukiman warga.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut