Sosok Aliou Cisse Pelatih Timnas Senegal, Sempat Pilu Keluarga Tewas dalam Tragedi Titanic Afrika

Hikmatul Uyun/iNews.id
.
Rabu, 30 November 2022 | 13:42 WIB
Sosok Aliou Cisse, pelatih yang bawa Senegal lolos 16 besar Piala Dunia 2022. Foto: Reuters/ Mohamed Abd El Ghany

SENEGAL, iNewsBandungRaya.id - Inilah sosok Aliou Cisse, pelatih nyentrik yang berhasil membawa Senegal jadi tim Afrika pertama yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Dibalik kiprahnya yang gemilang, ternyata Cisse sempat dirundung pilu akibat tragedi mengerikan yang disebut Titanic Afrika.

Dibawah asuhan Aliou Cisse, Senegal berhasil merebut tiket 16 besar Piala Dunia 2022 dari tangan Ekuador. Mereka membungkam Ekuador dengan skor 2-0 pada laga ketiga grup A, Selasa (29/11/2022) malam.

Hasil gemilang ini membuat orang penasaran, siapa sosok pelatih Senegal yang berhasil membawa tim berjuluk The Lions of Teranga itu lolos 16 besar Piala Dunia secara mengejutkan.

Sosok pelatih Senegal itu ternyata bernama Aliou Cisse. Sebelum menjadi pelatih, Alison ini merupakan mantan pemain timnas Senegal.

Dilansir dari akun Twitter @faktabola, Aliou Casse menjadi kapten timnas Senegal di tahun 2002. Ia membantu Senegal melaju sampai final AFCON. Itu pertama kalinya Senegal bisa lolos ke final Piala Afrika. Sayangnya, Senegal hanya jadi runner-up, kalah adu penalti lawan Kamerun di final.

Selain itu di tahun yang sama, Aliou Cisse juga membawa Senegal lolos ke Piala Dunia 2002 untuk pertama kalinya dalam sejarah. 

Dalam Piala Dunia 2002 yang diselenggarakan di Korea Selatan dan Jepang, timnas Senegal yang dikapteni Aliou Cisse tampil mengejutkan dengan lolos ke babak 8 besar. Meski begitu, mereka gagal ke semifinal lantaran dikalahkan Turki dengan skor 0-1.

Sayangnya, tepat setelah Timnas Senengal geret koper dari Piala Dunia 2002, Aliou Cisse mengalami peristiwa memilukan.

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini