get app
inews
Aa Read Next : Ditugaskan Maju Pilkada Jakarta, Politikus Nilai Hanya Ridwan Kamil yang Bisa Imbangi Kekuatan Anies

Soal Gempa Garut, Ridwan Kamil: Hati-hati dengan Berita Hoax

Minggu, 04 Desember 2022 | 08:50 WIB
header img
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Foto: net)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Gempa bumi berkekuatan cukup besar mengguncang Kabupaten Garut pada Sabtu (3/12/2022) kemarin.

Berdasarkan laporan BMKG, gempa berkekuatan magnitudo 6,4 itu terjadi pada pukul 16.49. WIB. Adapun pusat gempa terletak di 7.51 LS, 107.52 atau 52 km barat daya Kabupaten Garut, Jawa Barat di kedalaman 118 km. 

Berkaitan dengan bencama alam tersebut, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam memilah informasi soal gempa bumi Garut itu.

"Hati-hati dengan berita Hoax yang menggunakan foto/video gempa Cianjur kemudian dilabeli 'Gempa Garut'," kata Ridwan Kamil lewat akun Instagram pribadinya @ridwankamil.

Menurut Ridwan Kamil, bahwa pusat gempa yang terjadi di Kabupaten Garut petang tadi berada di kedalaman 118 km, sedangkan pusat gempa yang mengguncang Kabupaten Cianjur berada di kedalaman 10 km. 

"Cianjur kedalaman gempa dangkal 10 km," ucapnya. 

Pria yang akrab disapa Emil ini juga meminta masyarakat bijaksana dalam menyikapi peristiwa bencana, termasuk gempa berkekuatan magnitudo 6,4 yang mengguncang Garut itu. 

"Kita harus bijak dalam menyikapi ini. Nuhuun," tegasnya. 

Lebih lanjut, Emil mengatakan, bahwa berdasarkan laporan Bhabinkamtibmas setempat, kawasan Pantai Sayang Heulang, Garut Selatan masih aman terkendali. 

"Semoga di tempat lain juga dilaporkan serupa. Amiiin," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut